Bupati Polman Lirik Pengembangan Kebun Raya Bulo

Kawasan itu akan dijadikan kebun raya pusat buah-buahan pertama di Sulbar. Untuk itu akan dipersiapkan desain yang matang.

Bupati Polman Lirik Pengembangan Kebun Raya Bulo
edy jawi/tribunpolman.com
Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar menunjukkan buah durian yang merupakan salah satu potensi di Desa Bulo, Kecamatan Bulo, Polman, Minggu (3/2/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Edyatma Jawi

TRIBUNPOLMAN.COM, POLMAN - Bupati Polewali Mandar (Polman) Andi Ibrahim Masdar bakal mengembangkan kebun raya Desa Bulo, Kecamatan Bulo, Polman.

Kebun di Desa Bulo telah digarap beberapa tahun terakhir oleh Pemkab Polman bersama Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Lahan yang sudah dikembangkan seluas 100 hektar untuk perkebunan buah milik masyarakat. Pengembangan awal didominasi penanaman durian, rambutan dan langsat.

Andi Ibrahim berjanji dalam waktu dekat akan menyusun master plan kebun raya Bulo integratif. Kebun raya ini akan diperluas hingga 300 hektar yang merupakan lahan milik masyarakat.

Kawasan itu akan dijadikan kebun raya pusat buah-buahan pertama di Sulbar. Untuk itu akan dipersiapkan desain yang matang.

"Potensi yang ada ini nanti kita akan kembangkan menjadi pusat tanaman buah-buahan yang dikembangkan langsung oleh masyarakat, dan dapat meningkat kesejahteraan masyarakat," ujar Andi Ibrahim Masdar saat berkunjung ke Bulo, Minggu (3/2/2019).

Kata pria yang akrab dengan sapaan AIM ini, Bulo memiliki pemandangan yang sangat indah. Serta dilengkapi kebun, sungai dan sawah. Apalagi struktur perbukitannya sangat potensial dikembangkan menjadi wisata sepeda gunung dan hiking.

Andi Ibrahim mengatakan, lokasi ini akan banyak dikunjungi wisatawan dan pecinta hiking.

"Insya Allah pada Polewali Mandar Internatioanl Folk Art Festival atau PIFAF 2019, Kebun Raya Bulo menjadi salah satu titik kunjungan," katanya.

Bukan itu saja, potensi kebun raya Bulo dapat pula dimanfaatkan menjadi laboratorium penelitian. Sehingga nantinya banyak mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang melakukan riset di tempat ini.

Penulis: edyatma jawi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved