Datangkan Container Crane, Pelindo IV Klaim Bongkar Muat di Pantoloan Lancar

saat ini alat CC tersebut sudah tiba di Pelabuhan Pantoloan dan siap dioperasikan untuk memperlancar aktivitas bongkar muat

Datangkan Container Crane, Pelindo IV Klaim Bongkar Muat di Pantoloan Lancar
Pelindo IV
Pelindo IV mendatangkan 1 unit alat Container Crane (CC) untuk ditempatkan di Pelabuhan Pantoloan di Palu, Sulawesi Tengah. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Muhammad Fadhly Ali

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - PT Pelabuhan Indonesia atau Pelindo IV mendatangkan satu unit alat Container Crane (CC) untuk ditempatkan di Pelabuhan Pantoloan di Palu, Sulawesi Tengah.

Direktur Utama PT Pelindo IV, Farid Padang mengatakan saat ini alat CC tersebut sudah tiba di Pelabuhan Pantoloan dan siap dioperasikan untuk memperlancar aktivitas bongkar muat barang di pelabuhan yang sempat diterjang gelombang tsunami pada akhir September 2018 lalu.

“Dengan kedatangan 1 unit CC tersebut, total di Pantoloan saat ini ada 9 unit alat yang beroperasi untuk aktivitas bongkar muat barang. Adapun 8 alat lainnya yaitu, 2 unit Rubber Tyred Gantry (RTG) dan 4 unit Reach Stacker (RS) 45 ton, 1 unit Forklift (FL) 32 ton dan 1 unit FL 7 ton,” kata Farid dalam suaran persnya, Minggu (27/1/2019).

Baca: Lowongan Kerja PT Taspen dan BPJS Ketenagakerjaan Masih Buka, Buruan Daftar di Link Resmi ini

Baca: Kok Bisa Harga Durian J-Queen Bisa Mencapai Rp 14 Juta? Ternyata Penemunya Bukan Lulusan Pertanian

Baca: Angin Kencang Tumbangkan Tower Seluler di Rappang Sidrap

Dia mengklaim dengan kedatangan 1 unit CC di Pantoloan, aktivitas bongkar m

uat barang semakin lancar dan akan terus meningkat, dari yang biasanya hanya 7 box per jam menggunakan luffing crane, menjadi 23 box per jam dengan CC milik sendiri sebagai pengganti CC kerja sama yang roboh saat gempa dan tsunami Palu.

Farid menyebutkan, kapasitas bongkar muat barang di pelabuhan tersebut mencapai 70.000 TEUs pada akhir 2018 lalu. Diestimasi, jumlah itu akan mengalami peningkatan sekitar 75.000 hingga 80.000 TEUs pada akhir tahun nanti.

Seperti diketahui, PT Pelindo IV mengakhiri tahun 2018 dengan menanam investasi sebesar Rp73,88 miliar untuk pembelian alat yang kemudian ditempatkan di beberapa pelabuhan kelolaan, yaitu Pantoloan, Gorontalo, Tarakan, Kendari, Sorong, Merauke dan Makassar New Port (MNP).

Dirut Pelindo IV mengatakan, akhir tahun lalu pihaknya telah membeli 10 unit alat RS, 5 unit Head Truck (HT), 2 unit Tronton, 1 unit Flat Bed, serta RTG dan Container Crane.

Farid menyebutkan bahwa penambahan alat di sejumlah pelabuhan kelolaan merupakan salah satu upaya pihaknya untuk terus meningkatkan pelayanan, terlebih di Pelabuhan Pantoloan yang saat ini pelayanannya semakin dipercepat, seiring bertambahnya alat untuk operasional pelabuhan.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fadhly Ali
Editor: Nurul Adha Islamiah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved