Anda Punya Mobil Terjebak Banjir! Jangan Panik, Begini Cara Menangani Kendaraan Anda

Bahkan hujan lebat tersebut disertai angin kencang, khususnya di wilayah Makassar, Gowa, Pangkep, Takalar, jeneponto, dan selayar.

Anda Punya Mobil Terjebak Banjir! Jangan Panik, Begini Cara Menangani Kendaraan Anda
Mulyadi/Tribun Timur
Mobil terendam banjir di Barru, Sulawesi Selatan. 

Laporan Wartawan Tribun TImur, Darul Amri

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melansir peringatan dini cuaca untuk Sulawesi Selatan masih berpotensi hujan sedang hingga lebat.

Bahkan hujan lebat tersebut disertai angin kencang, khususnya di wilayah Makassar, Gowa, Pangkep, Takalar, jeneponto, dan selayar.

Kondisi cuaca ini dapat meluas ke Bantaeng dan maros. Akibatnya beberapa wilayah di Sulawesi Selatan banyak yang tergenang banjir dikarenakan intensitas curah hujan yang tinggi dan berpotensi sangat lebat.

Baca: Pengungsi Banjir Mulai Terserang Penyakit, Dinkes Makassar Kerahkan Dokter Spesialis

Baca: Pelindo IV Salurkan Rp 200 Juta untuk Korban Banjir Sulsel, Asyhari: Ini Tahap I

Dikutip dari rilis Media Relation Kalla Toyota – PT Kalla Toyota, Ariani Eka Syahfitri, saat banjir melanda di beberapa wailayah tersebut, Selasa (22/1/2019) lalu, dampaknya timbul rasa khawatir bagi para pengendara.

Apakah kendaraannya terendam air akibat banjir ataupun sekadar pemilik kendaraan khawatir karena memang berisiko jika harus menerjang banjir.

“Hal yang paling dikhawatirkan oleh pengendara mobil adalah jika terjadi water hammer atau kondisi air masuk ke dalam ruang bakar mesin sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada mobil.” ungkap Abdul Wahab, Marketing & Customer First Division Head Kalla Toyota.

Ada kalanya kendaraan terpaksa menerobos banjir. Namun, jika Anda memang terjebak kondisi banjir, hal pertama yang dilakukan adalah Anda tidak perlu panik.

Baca: Eero Markkanen dan Aaron Evans Masuk Tim PSM Makassar Tampil di Piala Indonesia! Ini Daftar Lengkap

Baca: Minimalisir Sanksi di Musim 2019, Manajemen PSM Makassar Harap Suporter Lebih Dewasa

"Tetap tenang dan ikuti beberapa tips yang dapat dilakukan jika kendaraan Anda terjebak dalam kondisi banjir," ujar Abdul Wahab.

Berikut ini tips dari Kalla Toyota jika Anda berkendara dan Mobil Terjebak Banjir:

Halaman
123
Penulis: Darul Amri Lobubun
Editor: Arif Fuddin Usman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved