Tujuh Tips Cari Aman Saat Berkendara Ala Honda

Berbagai cara untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tidak di inginkan dijalanpun layaknya patut diketahui guna kenyamanan berkendara sehari-hari.

Tujuh Tips Cari Aman Saat Berkendara Ala Honda
abdiwan/tribuntimur.com
Astra Motor Makassar sebagai main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah SulSelBarTra dan Ambon secara resmi mengenalkan Honda Forza di ajang pameran Otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Makassar Auto Show 2018. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Muhammad Fadhly Ali

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR --Musim hujan sedang melanda Kota Makassar dan Sulsel pada umumnya, para pengendara sepeda motor harus siap siaga memerhatikan kondisi kendaraannya juga siaga dalam aspek berkendara.

Berbagai cara untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tidak di inginkan dijalanpun layaknya patut diketahui guna kenyamanan berkendara sehari-hari.

Safety Riding Analyst Astra Motor Makassar Abdul Kadir menuturkan, berkendara saat hujan memiliki risiko yang lebih tinggi, namun kemungkinan tersebut dapat diantisipasi dengan beberapa persiapan ekstra jika terpaksa harus berkendara dalam kondisi hujan.

Baca: Inilah Penyakit Diderita Ronaldikin Ronaldinho KW Hingga Dikabarkan Meninggal Dunia

Baca: Pengembang Indonesia Sulsel Bakal Gelar Musda dan Pameran Perumahan

“Jalanan akan menjadi licin ketika hujan, genangan air dan kondisi penglihatan yang menurun membuat pengendara harus konsentrasi lebih dan menyiapkan beberapa antisipasi," ujar Kadir dalam siran persnya, Selasa (22/1/2019).

Ia pun berbagi tujuh tips aman berkendara sepeda motor saat hujan.

1. Pastikan Fisik Prima
Berkendara dalam kondisi yang lelah, letih dan tidak dalam kondisi prima dapat menurunkan tingkat konsentrasi yang menyebabkan kurangnya kemampuan reflex atau pengambilan keputusan dalam kondisi kritis. Dalam kondisi hujan tubuh akan menggigil dan tidak bisa berkendara dengan baik.

2. Kenakan mantel hujan
Ketika hujan dating, pengendara perlu menggunakan mantel hujan. Namun perhatikan juga jenis mantel hujan yang tepat, agar tidak menghambat gerak tangan, kaki, kepala dan seluruh tubuh yang membutuhkan gerakan dalam berkendara. Hindari penggunaan mantel hujan bertipe ponco. Mantel hujan bertipe ponco cenderung tidak aman karena berpotensi tersangkut di roda atau terkait di kendaraan.

3. Pastikan ban prima
Ban yang kembangnya bagus akan memiliki daya cengkeram yang baik di atas aspal. Karena itu, penting bagi pengendara untuk selalu menggunakan ban yang prima agar keseluruhan fungsi rem bisa berjalan baik, dan mengurangi potensi tergelincir.

4. Lampu-lampu menyala
Lampu-lampu disepeda motor agar dalam kondisi berfungsi dan menyala dengan baik agar dapat membantu pengguna jalan lainnya mengetahui kehadiran dan posisi anda.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fadhly Ali
Editor: Hasrul
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved