Tribun Wiki

TRIBUNWIKI: Starbucks Berawal dari Jualan Kopi Panggang, Ini Sejarahnya, dan Lokasinya di Makassar

Kedai Starbucks pertama dibuka di Seattle, Washington, pada tanggal 30 Maret 1971 oleh tiga rekanan guru bahasa Inggris Jerry Baldwin, guru sejarah

TRIBUNWIKI: Starbucks Berawal dari Jualan Kopi Panggang, Ini Sejarahnya, dan Lokasinya di Makassar
coindesk.com
Starbucks 

 
Laporan Wartawan Tribun Timur, Desi Triana Aswan

TRIBUNTIMUR.COM,MAKASSAR- Sturbuck merupakan gerai minuman dengan unggulan kopi. Bagaimana tidak, Sturbuck merupakan perusahaan korporasi dengan jaringan kopi global.

Seperti dilansir dari wikipedia, Kedai Starbucks pertama dibuka di Seattle, Washington, pada tanggal 30 Maret 1971 oleh tiga rekanan guru bahasa Inggris Jerry Baldwin, guru sejarah Zev Siegl, dan penulis Gordon Bowker.

Toko Starbuck Pertama
Toko Starbuck Pertama ()

Ketiganya terinspirasi oleh pengusaha pemanggangan kopi Alfred Peet, yang mereka kenal secara pribadi, untuk menjual biji kopi berkualitas tinggi beserta peralatannya.

Awalnya, perusahaan ini hendak diberi nama Pequod yang diambil dari nama kapal pemburu Moby-Dick, tetapi nama ini ditolak oleh sejumlah pendiri pendamping. Perusahaan ini akhirnya diberi nama sesuai nama mualim satu kapal Pequod, Starbuck.

Sejak 1971–1976, kedai pertama Starbucks berdiri di 2000 Western Avenue, kemudian direlokasi ke 1912 Pike Place.

Perusahaan ini hanya menjual kopi panggang dan tidak menjual minuman kopi. Selama tahun-tahun pertama beroperasi, mereka membeli biji kopi hijau dari Peet's, kemudian mulai membeli langsung dari petani kopi.

Tahun 1984, para pemilik asli Starbucks, dipimpin Jerry Baldwin, mengakuisisi Peet's.

Grafik menampilkan pertumbuhan jumlah kedai Starbucks antara 1971 dan 2011.

Pada awal 2008, Starbucks membuat sebuah situs web komunitas, My Starbucks Idea, yang dirancang untuk mengumpulkan saran dan umpan balik dari pelanggan. Pengguna lain bisa mengomentari dan menilai saran tersebut. Jurnalis Jack Schofield menulis bahwa, "My Starbucks sekarang mungkin terlihat manis dan ceria, dan ini tidak mungkin terjadi tanpa penyensoran besar-besaran." Situs web ini menggunakan perangkat lunak Salesforce.

Halaman
1234
Penulis: Desi Triana Aswan
Editor: Ina Maharani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved