Pak Presiden! Ini Curhat Keluarga Korban Perkosaan di Makassar: Cek Kesehatan Tidak Ditanggung BPJS

Pengacara PerDIK Fauziah Erwin seharusnya negara membantu dan menjamin semua kebutuhan korban perkosaan dalam proses hukumnya.

Pak Presiden! Ini Curhat Keluarga Korban Perkosaan di Makassar: Cek Kesehatan Tidak Ditanggung BPJS
handover
Fauziah Erwin SH MH 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Seorang perempuan berusia 17 tahun telah menjadi korban perkosaan di Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.

Ibarat sudah jatuh, dihantam batu lagi.

Saat cek medis di rumah sakit di Makassar, wanita yang juga tuli ini tetap dikenakan biaya yang tak sedikit bagi keluarga korban.

Pihak rumah sakit beralasan, BPJS tidak menanggung klaim pembayaran pasien korban perkosaan.

Padahal ibu korban sudah menunjukkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) anaknya kepada pihak rumah sakit.

Saat itu korban bermaksud memeriksakan fungsi pendengaran dan kondisi kandungannya karena hamil akibat diperkosa pamannya sendiri.

Baca: Amankan 4 Kg Sabu di Maros, Kepala BNN Sulsel: Mungkin Warisan Malam Tahun Baru

Korban dirujuk ke Rumah Sakit Mitra Husada oleh Puskesmas Kassikassi berdasarkan rujukan layanan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Makassar.

Itulah yang dikeluhkan ibu dari seorang korban pemerkosaan di Makassar melalui rilisnya kepada tribun-timur.com, Jumat (11/1/2019) malam.

"Anak saya sudah jadi korban perkosaan dan kami orang miskin, masih juga dibebani biaya pemeriksaan kesehatan," keluhnya.

Ibu korban meminta namanya tak dimediakan dengan alasan masih trauma karena dipojokkan adanya stigma negatif dari lingkungan sekitar rumahnya.

Siti Fauziah, mewakili manajemen RS Mitra Husada Makassar, menyampaikan bahwa pihak rumah sakit tetap akan mengenakan biaya pemeriksaan dan pengobatan terhadap pasien rujukan yang merupakan korban perkosaan maupun korban tindak kriminal lainnya.

Baca: Dosen Unhas Jadi Konsul Kehormatan Prancis, Bukan Sosok Sembarang, Begini Keahliannya

Halaman
123
Penulis: Jumadi Mappanganro
Editor: Jumadi Mappanganro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved