Bulukumba Luncurkan Program Bawa Botol Air Minum

Penggunaan tumbler ini diharapkan mampu mengurangi penggunaan botol maupun gelas air mineral yang berbahan plastik.

Bulukumba Luncurkan Program Bawa Botol Air Minum
firki/tribunbulukumba.com
Untuk mengurangi penggunaan dan penumpukan sampah plastik, Pemerintah Kabupaten Bulukumba melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK), menginisiasi Gerakan Bulukumba Membawa Tumbler atau botol air minum. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Firki Arisandi

TRIBUNBULUKUMBA.COM, UJUNG BULU - Untuk mengurangi penggunaan dan penumpukan sampah plastik, Pemerintah Kabupaten Bulukumba melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK), menginisiasi Gerakan Bulukumba Membawa Tumbler atau botol air minum. 

Penggunaan tumbler ini diharapkan mampu mengurangi penggunaan botol maupun gelas air mineral yang berbahan plastik.

Program ini telah diluncurkan oleh Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto, Jumat (11/1/2019), di halaman DLHK Bulukumba, Jl Dahlia, Kelurahan Caile, Kecamatan Ujung Bulu.

Kepala DLHK Bulukumba, Misbawati A. Wawo, mengemukakan jika gerakan penggunaan tumbler adalah bagian dari upaya menjamin pengelolaan sampah dengan baik dan berwawasan lingkungan. 

Pihaknya, kata Misbawati sudah memiliki kebijakan dan strategi Kabupaten Bulukumba dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis (Jakstrada).

“Jakstrada ini merupakan kebijakan pro lingkungan dalam rangka mengatasi dan mengurangi permasalahan sampah terutama masalah sampah plastik yang semakin hari semakin banyak,” tutur Misbawati.

Dikatakan, problematika dari sampah plastik adalah sulitnya didaur ulang.

“Nah disinilah kami mencoba menindak lanjuti dengan kampanye tumblr untuk mendorong adanya perubahan perilaku masyarakat agar meminimalisir penggunaan plastik, termasuk kantong kresek untuk menjaga kelestarian lingkungan,” pintanya. 

Penulis: Firki Arisandi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved