Di Wajo, Buang Sampah di Sungai Kena Denda Rp 5 Juta

Padahal, di Kabupaten Wajo ada 3 Peraturan Daerah yang mengatur terkait lingkungan hidup. Pertama, Perda nomor 16 tahun 2014

Di Wajo, Buang Sampah di Sungai Kena Denda Rp 5 Juta
hardiansyah/tribunwajo.com
Sampah di Sungai Siwa, Kecamatan Pitumpanua, Kabupaten Wajo. 

Laporan wartawan TribunWajo.com, Hardiansyah Abdi Gunawan

TRIBUNWAJO.COM, WAJO - Di Kecamatan Pitumpanua, salah satu tempat yang dijadikan pembuangan sampah adalah sungai. Hal tersebut bisa terlihat di bantaran sungai Siwa, dan sangat tampak di jembatan Siwa, Kecamatan Pitumpanua.

Sungai hanyalah satu dari tiga tempat paling menonjol di Kecamatan Pitumpanua yang dijadikan tempat pembuangan sampah secara sembarangan. Dua tempat lainnya bisa terlihat di sebuah lahan kosong tepi Jl Poros Palopo - Sengkang, Desa Buriko dan di pinggir jalan dan tambak jalan masuk Pelabuhan Bangsalae, Siwa.

Padahal, di Kabupaten Wajo ada 3 Peraturan Daerah yang mengatur terkait lingkungan hidup. Pertama, Perda nomor 16 tahun 2014 tentang ketertiban umum dan ketentraman masyarakat. Pada pasal 11 ayat 1 dan 2 menjelaskan larangan masyarakat membuang sampah di sembarangan tempat, seperti sungai, lahan kosong, serta ruang terbuka hijau.

Bahkan lebih spesifik, diatur terkait larangan membakar sampah yang tidak sesuai dengan penanganan pengelolaan sampah.

Kedua, Perda nomor 10 tahun 2015 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan. Menurut Kepala Seksi Penyidikan PNS Satpol PP Kabupaten Wajo, Muhammad Erwin Syam, anjuran untuk tidak merusak lingkungan seperti membuang sampah di semebarang tempat ada pada pasal 75 dan 77.

"Intinya, setiap aktivitas yang merusak lingkungan itu dilarang. Seperti membuang sampah di sungai, itu kan merusak ekosistem, apalagi sampah plastik," katanya kepada Tribunwajo.com, Kamis (10/01/2019).

Lebih lanjut, ada sanksi yang diatur apabila ada yang melanggar perda tersebut, Meski perda tersebut tak menjelaskan secara rinci terkait sanksinya.

"Sanksinya tercantum di Undang-undang nomor 18 tahun 2008 dan secara spesifik diatur di Undang-undang nomor 32 tahun 2009 tentang lingkungan hidup," jelas Muhammad Erwin Syam.

Ketiga, yakni Perda nomor 5 tahun 2006 tentang pengelolaan kebersihan dan keindahan di dalam Kabupaten Wajo, mengatur lebih rinci larangan terkait membuang sampah. Bahkan sanksinya pun jelas, yakni kurungan 3 bulan penjara dan denda Rp 5.000.000.

Halaman
12
Penulis: Hardiansyah Abdi Gunawan
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved