SNMPTN 2019 Dimulai, 15 Hal yang Harus Kamu Ketahui Jika Ingin Masuk UI, Tips Agar Lulus

Jadwal pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019 mulai bergulir, Jumat (4/1/2019)

SNMPTN 2019 Dimulai, 15 Hal yang Harus Kamu Ketahui Jika Ingin Masuk UI, Tips Agar Lulus
LTMPT
SNMPTN 2019 

TRIBUN-TIMUR.COM-Jadwal pelaksanaan  Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019 mulai bergulir, Jumat (4/1/2019). SNMPTN 2019 diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

LTMPT adalah lembaga penyelenggara tes masuk perguruan tinggi bagi calon mahasiswa baru, lembaga ini berada di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Sebagai satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia, LTMPT memposisikan diri sebagai lembaga penyelenggara tes masuk perguruan tinggi yang terbaik dan terdepan di Indonesia dan  memiliki tujuan khusus yaitu melaksanakan tes masuk perguruan tinggi yang kredibel, adil, transparan, fleksibel, efisien, dan akuntabel.

Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar Penyambutan Mahasiswa Baru (PMB) angkatan 2017 di Gedung Baruga AP Pettarani Makassar, Senin (14/8/2017). Kegiatan PMB tersebut diikuti 5.371mahasiswa baru Unhas tahun 2017 yang terjaring melalui jalur SNMPTN, SBMPTN dan Jalur Mandiri (POSK dan JNS).
Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar Penyambutan Mahasiswa Baru (PMB) angkatan 2017 di Gedung Baruga AP Pettarani Makassar, Senin (14/8/2017). Kegiatan PMB tersebut diikuti 5.371mahasiswa baru Unhas tahun 2017 yang terjaring melalui jalur SNMPTN, SBMPTN dan Jalur Mandiri (POSK dan JNS). (Handover)

Baca: IMPS Marioriawa Gotong Royong Bersihkan Puing Jembatan Gantung

Baca: Kejutan Bursa Transfer, Teco ke Bali United / Madura United, Rakic ke PSM, Persib, Persija, Arema?

Baca: Temui Danny, Kalapas Makassar Bawakan Roti Produk Warga Binaan

“Tahun 2019 mendatang Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri diselenggarakan oleh institusi bernama Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), dan sistem pelaksanaannya pun berbeda. Kalau tahun sebelumnya peserta daftar dulu baru tes, maka ketentuan di tahun 2019 adalah tes dulu kemudian dapat nilai. Nah nilai tersebut dipakai untuk mendaftar ke perguruan tinggi negeri,” ungkap Menteri Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir beberapa waktu lalu.

Tahapan pertama SNMPTN 2109, pihak sekolah memiliki peran yang sangat penting, sebelum proses pendaftaran yang dilakukan siswa.

Pihak sekolah wajib melakukan pengisian dan verifikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa atau PDSS dengan batas waktu hingga 25 Januari 2019.

PDSS berisi rekam jejak kinerja sekolah dan prestasi akademik siswa dengan lengkap dan benar. PDSS pun merupakan basis data yang dijadikan sumber utama data SNMPTN oleh LTMPT.

Baca: Lowongan Kerja BUMN Bulog Cari Lulusan SMK & S1, Buruan Daftar Online di Link Ini, Tutup 13 Januari

Baca: Ada Apa? Zakir Rasyidin Mundur Sebagai Pengacara Vanessa Angel di Kasus Prostitusi Artis

Baca: PSM Gaet Dua Kiper Baru? Pelatih Kiper: Sabar Dulu, Biar Ada Kejutan!

Baca: PSM Jumpa Kalteng Putra, Wasyiat Hasbullah Termotivasi Hadapi Zulkifli Syukur Cs

 

15 Hal Tentang Universitas Indonesia

Salah satu universitas yang paling diminati calon mahasiswa baru, yakni Universitas Indonesia.

Pada SNMPTN 2018 lalu, UI diminati hingga 24.243 peserta. Namun, hanya menerima 1.628  mahasiswa baru melalui jalur tersebut.

Halaman
1234
Editor: Anita Kusuma Wardana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved