Ketua OSIS Bebas Tes Masuk Unhas, Begini Syaratnya

Tujuannya, agar mereka yang berprestasi dan berkecimpung di organisasi bisa mendapatkan kesempatan kuliah di Unhas.

Ketua OSIS Bebas Tes Masuk Unhas, Begini Syaratnya
munawwarah/tribuntimur.com
WR III Universitas Hasanuddin Prof Arsunan Arsin 

MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM - Ketua OSIS yang berhak mengikuti seleksi bebas tes masuk Universitas Hasanuddin harus berakreditasi A. Nilai akademik juga harus tinggi dan memiliki jiwa kepemimpinan.

Itu adalah sebagian syarat yang harus dipenuhi oleh Ketua OSIS agar bisa iktu seleksi bebas tes masuk Unhas. Unhas hanya menyediakan 24 kursi untuk seluruh sekolah di Sulawesi Selatan.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unhas Prof Arsunan Arsin, Rabu (9/1) menjelaskan, mulai pekan depan, Unhas akan mengirimkan empat tim untuk sosialisasi ke dinas pendidikan masing-masing kabupaten.

Program bebas tes untuk Ketua OSIS ini disebut program Pembinaan Bakat Kepemimpinan. Tujuannya, agar mereka yang berprestasi dan berkecimpung di organisasi bisa mendapatkan kesempatan kuliah di Unhas.

Sekolah yang berhak mengirimkan perwakilannya tidak hanya negeri. Sekolah swasta juga punya hak yang sama. Siswa tersebut harus terdaftar di sekolah tersebut pada periode 2017-2018.

"Semua Ketos berkesempatan, asalkan yang mengikuti seleksi harus berasal dari sekolah yang berakreditasi A," kata prof Arsunan.

Ketua OSIS akan diberi kesempatan memilih dua jurusan. Jika ternyata peminat jurusan tersebut banyak dan kuotanya sedikit, ia harus bersaing dengan peserta dari sekolah lain untuk menunjukkan yang terbaik. Jika gagal, akan dipilih lagi Ketos dari sekolah lain.

Terkait pembayaran SPP, Prof Arsunan mengungkapkan sama dengan mahasiswa jalur umum. Tergantung kemampuan ekonomi keluarga atau pihak lain yang membiayai.

"Tetapi jika di semester tiga nilainya bagus, mereka berkesempatan mendapatkan beasiswa PPA. Sementara jika pada tahap awal seleksi dilihat siswa tersebut tidak mampu, akan diberikan beasiswa bidik misi," tuturnya.

Adapun jadwal seleksi dimulai dengan pengisian dan verifikasi PDSS yang dibuka pada 4-25 Januari 2019.

Kemudian peserta melakukan pendaftaran online pada 4-14 Februari di laman https://Unhas.ac.id/pmb. Selanjutnya peserta yang dinyatakan lulus harus mengikuti tes wawancara dan membuat esai bertema “Saya dan Indonesia”.(*/tribun-timur.com)

Penulis: Sukmawati Ibrahim
Editor: Muh. Irham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved