Pekan Pertama 2019, Sudah Dua Bencana Alam Terjadi di Enrekang

Bencana tersebut adalah tanah longsor di Jalan poros Baraka-Bungin, Dusun Dante, Desa Baruka, Kecamatan Bungin, Kabupaten Enrekang

Pekan Pertama 2019, Sudah Dua Bencana Alam Terjadi di Enrekang
Muh Azis Albar/Tribunenrekang.com
Bencana di Dusun Galung, Desa Tungka, Kecamatan Enrekang yaitu separuh tiang penyangga jembatan dan tanggul jembatan ambruk, karena curah hujan yang tinggi dan terkikis oleh aliran sungai. 

Laporan Wartawan TribunEnrekang.com Muh Azis Albar

TRIBUNENREKANG.COM, ENREKANG - Delapan hari memasuki tahun 2019, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Enrekang sudah mencatat dua kejadian bencana.

Bencana tersebut adalah tanah longsor di Jalan poros Baraka-Bungin, Dusun Dante, Desa Baruka, Kecamatan Bungin, Kabupaten Enrekang pada 3 Januari lalu.

Serta bencana di Dusun Galung, Desa Tungka, Kecamatan Enrekang yaitu separuh tiang penyangga jembatan dan tanggul jembatan ambruk, karena curah hujan yang tinggi dan terkikis oleh aliran sungai.

"Kalau bencana di Bungin sempat akibatkan akses jalan tertimbun tanah dan pinggiran jembatan retak, tapi sudah diatasi oleh tim TRC BPBD dengan melakukan pembersihan material tanah secara manual bersama dengan warga masyarakat," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Enrekang, Lukman Dering, Selasa (8/1/2019).

Sementara untuk bencana di Desa Tungka, lanjut Lukmab Dering, juga telah berhasil diatasi dengan memasang penyanggah kayu dan pengaman sementara.

"Dua bencana di awal tahun ini memang diakibatkan faktor curah hujan yang tinggi," ujarnya.

Ia pun mengimbau masyarakat untuk tetap waspada akan terjadinya bencana, apalagi dengan cuaca yang ekstrem beberapa bulan ke depan.

Penulis: Muh. Asiz Albar
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved