RSUD Andi Makkasau Parepare Buka Layanan Arthroscopy

Metode arthroscopy merupakan operasi menggunakan alat canggih tanpa membutuhkan waktu yang lama.

RSUD Andi Makkasau Parepare Buka Layanan Arthroscopy
MULYADI
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Mulyadi

TRIBUN-TIMUR.COM, PAREPARE -Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau parepare buka layanan baru dalam pengembangan medis.

Rumah sakit yang merupakan rujukan di kawasan utara Sulawesi Selatan (Sulsel) ini membuka layanan operasi persendian dengan prosedur bedah minimal atau yang dikenal dengan arthroscopy.

Dokter bedah RSUD Andi Makkasau, dr Mahyuddin Rasyid, mengatakan, metode arthroscopy ini, operasi menggunakan alat canggih tanpa membutuhkan waktu yang lama.

"Arthroscopy ini teknik operasi persendian modern. Hanya dengan sayatan kecil lalu memasukkan kamera atau endosopic camera ke bagian sendi-sendi, lalu dokter akan membedah dengan melihat layar di monitor,"ujar Mahyuddin, Jumat (4/1/2019).

Penggunaan arthroscopy, ungkap Mahyuddin, memiliki banyak keunggulan dibanding operasi pada umumnya, salah satunya durasi waktu perawatan bagi pasien yang terbilang singkat.

“Dibanding dengan operasi pada umumnya yang membutuhkan waktu agak lama bagi pasien setelah operasi,arthroscopy akan lebih singkat. bahkan hanya butuh dua hari saja,"terang dia.

Dia mengatakan, nekas sayatannya pun juga tidak terlalu nampak karena hanya 0,5 sentimeter.

Terpisah, Plt Dirut RSUD Andi Makkasau, dr Reny Anggraeny Sari mengungkapkan, dengan adanya arthrocopy ini, masyarakat sudah bisa menggunakan layanan alat canggih termasuk pengguna BPJS.(*)

Penulis: Mulyadi
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved