2019, Pelindo IV Tak Adakan Mudik Gratis Lagi

Tahun ini Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV tidak mengadakan mudik gratis seperti yang dilakukan tahun lalu.

2019, Pelindo IV Tak Adakan Mudik Gratis Lagi
Humas Pelindo IV
Suasana Pelabuhan Penumpang Pelindo IV yang difoto dengan menggunakan drone. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Muhammad Fadhly Ali

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Tahun ini Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV tidak mengadakan mudik gratis seperti yang dilakukan tahun lalu.

CEO Pelindo IV Farid Padang menuturkan, pihak Otoritas Pelabuhan (OP) Utama Makassar bersinergi dengan PT Pelindo IV, PT Pelni dan Perum Damri menyediakan bus atau kendaraan gratis dari pelabuhan ke terminal angkutan darat untuk tujuan luar kota.

"Ini khusus bagi penumpang yang turun di Pelabuhan Makassar dan ingin melanjutkan perjalanannya ke kampung halaman masing-masing," ujarnya, Selasa (1/1/2019).

Pelindo IV sendiri, kata Farid, sudah menyediakan berbagai fasilitas yang cukup memadai untuk para penumpang kapal yang naik dan turun dari Pelabuhan Makassar.

Dia menuturkan, fasilitas yang tersedia antara lain, ruang untuk menyusui, kipas angin khusus, AC di ruang tunggu terminal penumpang di lantai satu dan dua, ruang kesehatan, tempat charge telepon genggam, air kran yang bisa langsung dikonsumsi, toilet yang senantiasa bersih, musala berikut perlengkapan sholat dan kursi roda untuk penyandang disabilitas.

“Selain itu, Pelindo IV juga memperketat keamanan di area pelabuhan dengan tidak membiarkan penumpang bertumpuk di ruang tunggu. Hanya penumpang yang ingin berangkat saja yang dipersilahkan masuk ke ruang tunggu yang sudah difasilitasi,” tambahnya.

Keamanan di Pelabuhan Makassar juga telah didukung dengan pemasangan kamera CCTV yang siap mengawasi semua pergerakan penumpang, dari mulai pintu masuk pelabuhan hingga naik ke kapal.

Terminal penumpang yang sudah berstandar internasional itu pun telah dilengkapi antara lain dengan garbarata atau jembatan penghubung dari ruang tunggu terminal penumpang ke pintu masuk kapal.

Tersedia pula travelator, connecting bridge serta fasilitas lain untuk kenyamanan penumpang di terminal yang siap menampung hingga 4.000 orang.

Selain telah melakukan penataan arus penumpang embarkasi (keberangkatan) dan debarkasi (kedatangan), Pelindo IV juga sudah melakukan penataan pedagang kaki lima (PK5) di area Pelabuhan Makassar, pemasangan CCTV sebanyak 9 titik di sisi dermaga, 18 titik di terminal penumpang lantai satu dan dua, serta 16 titik di area PK5.

“Jadi tidak ada lagi pedagang asongan yang berkeliaran di area dermaga dan terminal penumpang, sehingga kenyamanan dan keamanan penumpang kini lebih terjamin," katanya.

Dari sisi keamanan, manajemen juga telah bekerjasama dengan aparat keamanan, baik dari security internal Pelindo IV, Polres Pelabuhan, Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP), serta Lantamal dan K9 Polda Sulsel, juga telah memiliki alat keamanan seperti metal detector. (*)

Penulis: Muhammad Fadly Ali
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved