Tahun Baru 2019

Tradisi Baru, Masjid di Pangkep Zikir dan Tauziyah di Malam Tahun Baru

Sejumlah takmir masjid di bantaran Sungai Pangkajene, Pangkep, Senin (31/12/2018) malam, menggelar zikir dan mendengarkan tauziyah dari tokoh agama.

Tradisi Baru, Masjid di Pangkep Zikir dan Tauziyah di Malam Tahun Baru
Thamzil/Tribun
Imbauan untuk tidak merayakan malam pergantian tahun dengan hura-hura, konvoi dan pesta petasan, di malam Tahun Baru 2019. 

TRIBUN-TIMUR.COM, PANGKEP - Warga di Kota Pangkajene mengindahkan imbauan pemerintah provinsi Sulsel dan Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) untuk tidak merayakan malam pergantian tahun dengan hura-hura, konvoi dan pesta petasan, di malam Tahun Baru 2019.

Sejumlah takmir masjid di bantaran Sungai Pangkajene, Pangkep, Senin (31/12/2018) malam, menggelar zikir dan mendengarkan tauziyah dari tokoh agama.

Di Masjid Nurul Falah Kelurahan Djagong, sekitar 1,2 km sebelah barat rumah Jabatan. Bupati Pangkep, jamaahnya menggelar tauziyah dan refleksi religius usai salat Jamaah Isya.

Baca: Usai Salat Magrib, 190 Personel Digeser ke PTB Maros

Baca: Takut Meledak, Begini Pengakuan Penemu Paket Mencurigakan Depan Rumah Perjuangan Jokowi-Maruf

Baca: Selama Tahun 2018 Polres Pangkep Tangani 3 Kasus Korupsi

"Ini pertama kalinya Masjid kita ada zikir dan tauziyah di Malam Tahun Baru, semoga ini bisa jadi tradisi baik yang baru untuk generasi baru," kata Ustad Mahrus Amri Lc MA, saat memulai ceramahnya di Masjid kampung Jagong.

Alumnus Universitas Al Azhar Mesir ini menyebutkan, awal mula perayaan tahun baru Masehi adalah tradisi sekaligus ritus umat Kristiani setelah Natal.

Ritual ini kemudian berkembang dan seakan akan jadi ritual Publik di seluruh dunia, karena melembaga di kalangan masyarakat dan pemerintah.

Usai tauziyah, Ustad Mahrus Amri memandu sekitar 100 jamaah untuk membaca Surah Yasin.

Alunan suara jamaah membaca surah Ke-36 dengan 83 ayat dalam Alquran ini terdengar di seantero kampung berpenduduk 983 kepala keluarga ini.
"surah yasin ada di halaman terakhir juz 22 Alquran yang jamaah pegang," himbau Dosen STAI DDI Pangkep ini.

Aktivitas religius di Malam Tahun Baru juga terlihat digelar di Masjid Nur Pawawo, Kelurahan Tumampua, Pangkajene.

Usai salat Isya, sekitar 70-an jamaah menggelar zikir bersama. Masjid yeng telat berada di sisi barat Jembatan Pasar Pangkajene ini, juga pertama kali menggelar acara religius di malam tahun Baru. (*)

Penulis: Thamzil Thahir
Editor: Nurul Adha Islamiah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved