Mobil Tetap Aman dalam Kondisi Banjir, Asuransi cover Bencana Alam

Selain merenggut korban jiwa, tragedi tersebut juga mengakibatkan banyak kendaraan bermotor mengalami kerusakan parah karena terseret ombak.

Mobil Tetap Aman dalam Kondisi Banjir, Asuransi cover Bencana Alam
Dok Asuransi Astra
Layanan Asuransi Astra untuk mobil Anda yang terkena bencana banjir. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Muhammad Fadhly Ali

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Bencana Alam bisa datang kapan saja. Salah satu contohnya fenomena gelombang tsunami yang menghantam pesisir pantai barat Banten dan Lampung selatan pada Sabtu malam (22/12/2018) lalu.

Selain merenggut korban jiwa, tragedi tersebut juga mengakibatkan banyak kendaraan bermotor mengalami kerusakan parah karena terseret ombak.

Bagi pemilik kendaraan, tentu sedih rasanya jika kendaraan pribadi rusak karena akan membutuhkan biaya besar untuk perbaikannya.

Baca: Sehat dan Menebar Kebaikan Ala Polres Wajo di Akhir Pekan

Baca: PPPA Daarul Quran Distribusikan Bantuan Logistik Korban Terdampak Banjir di Barru

Baca: Bursa Transfer Liga 1, Bandingkan Buruan Persija Jakarta, PSM Makassar, Persib Bandung, Ada Kejutan?

Namun melalui Asuransi kendaraan, tanggungan perbaikan bakal ditanggung pihak Asuransi.

Syaratnya pun tidak rumit. Tinggal mengajukan klaim dengan melaporkan kejadian kerusakan kendaraan kepada pihak Asuransi dengan menghubungi call center, datang langsung ke kantor cabang atau klaim melalui aplikasi.

Namun sebelum mengajukan klaim, ada baiknya untuk mengecek terlebih dahulu dan memastikan polis Asuransi yang anda miliki, apakah sudah mencakup perluasan jaminan akibat bencana alam seperti tsunami, gempa bumi atau banjir. Sebab semua orang memahami kalau proteksi tersebut merupakan tambahan atau opsional.

Artinya, tergantung keinginan konsumen menambahkan perlindungan ini dalam polis Asuransinya atau tidak. Bila belum menambahkan perluasan jaminan, maka pengajuan klaim bisa dipastikan tidak akan diproses oleh pihak Asuransi.

“Ketentuan klaimnya sudah lengkap di dalam polis. Ada Total Loss Only (TLO) atau komprehensif yang mencakup kerusakan ringan dan kehilangan. Hanya saja, itu belum termasuk perlindungan atas resiko bencana alam. Karena perluasan jaminan tergantung dari konsumen dan tentu ada premi tambahannya” jelas Hilmi Farizan Hakim, Branch Manager Asuransi Astra Makassar dalam rilisnya, Minggu (30/12/2018).

Ketika perluasan jaminan sudah ada, saat mengajukan klaim ternyata polis ikut rusak atau hilang akibat bencana. Tentu hal tersebut akan membuat konsumen bingung untuk mengurus klaim asuransinya. Khusus untuk hal ini, konsumen tidak perlu panik karena pihak Asuransi sudah memiliki datanya.

“Tenang aja, itu sudah terdata di kami. Jadi kalau polis hilang, masih bisa pakai bukti lain yang memastikan bahwa yang bersangkutan adalah benar pemegang polis yang sah. Bisa menyertakan SIM, KTP, STNK, BPKB, surat keterangan, dan lainnya. Yang penting segera lapor dulu, nanti dokumen lain bisa menyusul,” ujarnya.

Karena itu, jika sewaktu-waktu mobil anda terkena dampak bencana alam dan membutuhkan bantuan darurat, upayakan segera menghubungi call center 24 jam Asuransi Astra di nomor 1500112 untuk mendapatkan layanan Garda Siaga (Emergency Road Assistance).

Lebih dekat dengan Tribun Timur, subscribe channel YouTube kami: 

Follow juga akun instagram official kami: 

Baca: Pejabat BPJS Ketenagakerjaan Perkosa Bawahannya saat ke Makassar dan Bandung

Baca: UPDATE Pendaftaran P3K Dibuka Januari 2019, Ini Syarat & Jadwal, Beda Gaji & Tunjangan dengan PNS

Baca: Cantiknya Maria Eka Gadis Dijodohkan dengan Ariel NOAH oleh Maia Estianty & Judika

Baca: Hasil & Cuplikan Gol Liverpool vs Arsenal Tuan Rumah Menang Besar Ini Klasemen Liga Inggris

Baca: 5 Update Transfer Liga 1: Fandri Imbiri ke Madura United, Persib Nego Erwin Ramdhani, PSM?

Penulis: Muhammad Fadhly Ali
Editor: Nurul Adha Islamiah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved