Realisasi PBB Belum Capai Target, Wabup Bulukumba Minta Kades Ikut Terlibat

Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto, meminta para kepala desa dan lurah untuk ikut mengajak warganya membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Realisasi PBB Belum Capai Target, Wabup Bulukumba Minta Kades Ikut Terlibat
TRIBUN TIMUR/FIKRI ARISANDI
Wabup Bulukumba, Tomy Satria Yulianto, saat meninjau renovasi Stadion Mini Bulukumba, Selasa (25/12/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Firki Arisandi

TRIBUNBULUKUMBA.COM, UJUNG BULU - Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto, meminta para kepala desa dan lurah untuk ikut mengajak warganya membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Pasalnya, realisasi PBB tahun 2018, masih jauh dari target. Dengan terlibatnya aparat desa dan kelurahan, kata Tomy, diharap dapat menambah realisasi PBB, atau paling tidak menghampiri angka sempurna.

"Memang tahun ini masih sulit untuk menyempurnakan realisasi pajak. Tapi paling tidak kita harus melakukan upaya agar target itu bisa tercapai, atau paling tidak berada diatas 90 persen," ujar Tomy, belum lama ini.

Ketua Partai Nasdem Bulukumba itu menambahkan, tahun ini, pelayanan pajak tetap dilakukan meskipun hari libur.

Hal tersebut untuk memberikan waktu dan fasilitas para wajib pajak untuk menyelesaikan kewajibannya sebelum pelayanan pajak 2018 berakhir.

"Kita berikan waktu hingga 31 Desember agar PBB para wajib pajak diselesaikan. Jika tidak, maka wajib pajak tentu akan dikenahi denda," kata Tomy.

Sekadar diketahui, realisasi PBB di Kantor Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Bulukumba, hingga pekan terakhir tahun 2018, belum mencapai 80 persen.

Realisasi PBB sejak Januari hingga pekan keempat Desember 2018 ini, tercatat baru sekitar 72 persen atau sebanyak Rp10.034.430.026, dari target Rp13.884.670.438.

Meski demikian, Kepala Bapenda Bulukumba, Andi Sufardiman, mengaku tetap berusaha untuk memaksimalkan realisasi PBB tersebut.

Beberapa upaya yang telah dilakukan, bahkan hingga saat ini, yakni melakukan jemput bola dengan mendatangi para wajib pajak.

"Sampai hari ini teman-teman Bapenda terus turun ke desa-desa melakukan penjemputan meski hari Sabtu dan Minggu. Kami berharap realisasi PBB bisa mendekati 100 persen," ujar Andi Supardiman. (*)

Penulis: Firki Arisandi
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved