Guru SDN 005 Rantebuda Jajal Bisnis Online Tanaman Anggrek Mamasa, Gaet Anak Muda Jadi Reseller

Guru SDN 005 Rantepao di Dusun Pakondo, Desa Tondokbakaru, Kecamatan Mamasa, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, menjajal bisnis tanaman anggrek

Guru SDN 005 Rantebuda Jajal Bisnis Online Tanaman Anggrek Mamasa, Gaet Anak Muda Jadi Reseller
Herson
Andarias bersama Komunitas Tondobakaru Orsit 

Laporan Wartawan Herson Bonggakaraeng

TRIBUNMAMASA.COM, MAMASA-Guru SDN 005 Rantebuda di Dusun Pakondo, Desa Tondokbakaru, Kecamatan Mamasa, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, menjajal bisnis tanaman anggrek secara online.

Andarias mulai membudidayakan tanaman Anggrek di sekitar rumahnya tersebut sejak 27 Desember 2016. Pencinta tanaman Bonsai ini mengaku tertarik membudidayakan Anggrek karena melihat peluang ekonominya.

"Akhirnya saya coba tanam, setelah besar, saya posting di Facebook di halaman saya ternyata ada yang suka dan dia langsung pesan, minta nomor rekning, saya cek di rekening ternyata betulan masuk kemudian saya kirimkan anggrek yang dipesan itu," ujar Andarias.

Melihat potensi ekonomi dari budidaya Anggrek, sejumlah pemuda lain tertarik ikut bisnis tanaman Anggrek. Bahkan, mereka rela mencari Anggrek di pedalaman Masama. Pasalnya, Anggrek banyak dimintai kolektor dan pencita tanaman.

Namun karena terkendala pemasaran, Andarias pun mengajak mereka menjual tanaman Anggrek secara daring melalui media sosial.

"Secara pribadi saya suka berbagi ilmu apa lagi tujuan utama saya mau menciptakan lapangan pekerjaan di Mamasa," katanya.

Ia pun mendirikan komunitas pencinta Anggrek yang ia beri nama Komunitas Tondobakaru Orsit atau KTO sejak 2017 dan telah berbadan hukum.

Dari bisnis online tersebut, Andarias bisa menjual tanaman Anggrek tersebut hingga skala provinsi, yang sebelumnya hanya sebatas di Kabupaten Mamasa saja.

Melihat potensi tersebut, Andarias berharap, bisnis tanaman Anggreknya mendapat dukungan dari pemerintah berupa bantuan modal.

Halaman
12
Penulis: herson bongga karaeng
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved