Warga Keluhkan Bau Sampah, DLH Mamasa Janji Siapkan TPA Baru

Warga di Desa Rantepuang, Kecamatan Sesenapadang, Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat mengeluhkan aroma sampah yang bau dari tempat pembuangan

Warga Keluhkan Bau Sampah, DLH Mamasa Janji Siapkan TPA Baru
Herson/ Tribun Timur
Warga di Desa Rantepuang, Kecamatan Sesenapadang, Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat mengeluhkan tentang sampah yang bau di TPA itu. 

Laporan Wartawan Herson Bonggakareng

TRIBUNMAMASA.COM, Mamasa - Warga di Desa Rantepuang, Kecamatan Sesenapadang, Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat mengeluhkan aroma sampah yang bau dari tempat pembuangan sampah (TPA).

Saat di temui Tribunmamasa.com, Ansar (56) mengatakan sudah dua hari ini bau busuk tercium akibat sampah tersebut dikeruk.

"waktu habis dikeruk dua hari ini karena mengunung jadi agak bau. sampai ada ada lalat. Biasanya bau dan lalatnya sampai dirumah, banyak juga orang terganggu kalau lewat dipinggir Tempat Pembuangan Akhir (TPA) ini," katanya, Senin (17/12/2018).

Baca: Murid SD Inpres Laikang Peringati Maulid Nabi Muhammad

Baca: Plat Kendaraan Tidak Sesuai Standar Samsat, Awas Dicopot

Baca: Dirjen Haji: Pembentukan Kloter di 13 Embarkasi Haji Dimajukan

Baca: 4,3 Persen Warga Selayar Belum Rekam Data KTP-el

Baca: Disdukcapil Parepare Juga Bakal Musnahkan Belasan Ribu KTP

Lokasi TPA ini sendiri terletak di Jl. Poros Rantepuang ke Melangkena Padang, Desa Rantepuang, Kecamatan Sesenapadang, Kabupaten Mamasa.

Ansar menambahkan seharusnya Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang mengelolah sampah ini menyediakan Penggilingan Plastik di TPA.

"Sehingga tidak perlu lagi di bersihkan karena langsung bersih dari tempat penggilingan, apa lagi ini bisa juga jadi lahan pekerjaan buat warga disekitar yang mau bekerja disini," ujarnya.

Namun, Informasi terbaru, TPA tersebut akan dipindahkan ke Desa Malabo, Kecamatan Tandukkalua.

Saat dikonfirmasi ke Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengatakan bahwa untuk sementara TPA di Kabupaten Mamasa masih menggunakan TPA yang dulu.

"Sambil menunggu pembenahan TPA yang akan digunakan nanti, jadi TPA yang baru itu akan dipusatkan di Desa Malabo, Kecamatan Tandukkalua, Kabupaten Mamasa. Ada 3 Hektar tanah yang kami bebaskan disana," Ujar Kepala Seksi Bidang pengelolaan sampah, Palulungan saat ditemui di kantornya di kompleks Perumahan Dinas Dengen Desa Osango.

Halaman
12
Penulis: herson bongga karaeng
Editor: Waode Nurmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved