Zulkarnain Pangki Dorong Bulukumba Jadi Penyandang Pangan

Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel), memiliki luas lahan sawah terbanyak dibagian selatan Sulsel, yakni seluas 22,958 hektare.

Zulkarnain Pangki Dorong Bulukumba Jadi Penyandang Pangan
firki/tribunbulukumba.com
Wakil Ketua DPRD Bulukumba, Andi Zulkarnain Pangki, mendorong Butta Panrita Lopi menjadi penyandang pangan di selatan Sulsel. 

Laporan Wartawan TribunBulukumba.com, Firki Arisandi

TRIBUNBULUKUMBA.COM, UJUNG BULU - Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel), memiliki luas lahan sawah terbanyak dibagian selatan Sulsel, yakni seluas 22,958 hektare.

Hal tersebut menjadi alasan Wakil Ketua DPRD Bulukumba, Andi Zulkarnain Pangki, mendorong Butta Panrita Lopi menjadi penyandang pangan di selatan Sulsel.

Baca: Asisten III Pemkot Parepare Ikut Lelang Jabatan Terbuka

Baca: Kejari Maros Seret Tersangka Pasar Panjallingang, Ini reaksi HPPMI

Selain itu, potensi wilayah yang strategis, memungkinkan wilayah Bulukumba melakukan panen padi sebanyak tiga kali dalam setahun.

"Bulukumba sangat potensial untuk menjadi penyandang pangan di Selatan Sulsel. Kami ingankan ini, dan ini harus didorong," ujar Zulkarnain, Selasa (11/12/2018).

Disisi lain, hal tersebut dapat berdampak baik bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Bulukumba, terkhusus di bidang pertanian.

Olehnya, Ketua PAN Bulukumba itu mendorong dibuatnya peraturan daerah (Perda) yang mengatur tentang permodalan, dan kemudian ditindaklanjuti dengan dibuatnya peraturan bupati (Perbup).

"Tapi ini tidak akan terwujud jika tidak ada kerjasama yang baik antara eksekutif, legislatif bahkan yudikatif. Kita harus tunjukkan prestasi," jelasnya.

Zulkarnain berharap usulannya tersebut dapat direspon baik oleh seluruh stakeholder. Pasalnya, jika ini terwujud, bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) dan pengadaan irigasi bakal berpihak ke Bulukumba.

Kepala Dinas Pertanian dan Holtikultura Bulukumba, Harun, yang dikonfirmasi, merespon baik usulan tersebut.

Halaman
12
Penulis: Firki Arisandi
Editor: Waode Nurmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved