KPU Toraja Utara Rapat Pleno Rekapitulasi Penyempurnaan dan Penetapan DPTHP 2

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Toraja Utara atau KPU Toraja Utara menggelar Rapat Pleno bersama jajaran penyelenggara Pemilu 2019

KPU Toraja Utara Rapat Pleno Rekapitulasi Penyempurnaan dan Penetapan DPTHP 2
Risna
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Toraja Utara atau KPU Toraja Utara menggelar Rapat Pleno bersama jajaran penyelenggara Pemilu 2019 di Hotel Heritage, Kecamatan Kesu, Sabtu (8/12/2018). 

Laporan Wartawan TribunToraja.com, Risnawati

TRIBUNTORAJA.COM, KESU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Toraja Utara atau KPU Toraja Utara menggelar Rapat Pleno bersama jajaran penyelenggara Pemilu 2019 di Hotel Heritage, Kecamatan Kesu, Sabtu (8/12/2018).

Dihadiri Komisioner KPU Toraja Utara, Bonnie Freedom, Simeon Sarira, Anshar Tangkesalu dan Yan Hery Pakan dan Ketua Bawaslu Andarias Duma serta Kadis Dukcapil Toraja Utara, Jhony Parubak.

Rapat pleno terbuka tersebut untuk merekapitulasi penyempurnaan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan 2 arau DPTHP 2 tingkat Kabupaten Toraja Utara pada Pemilu 2019.

Dibuka oleh Ketua KPU Toraja Utara, Bonnie Freedom dalam sambutannya mengatakan, rapat tersebut akan menetapkan penyempurnaan DPTHP2 atas surat KPU yang didasari hasil koordinasi Bawaslu, Kementrian Dalam Negeri dan pihak terkait.

"Penetapan DPTHP2 diperpanjang sesuai instruksi KPU RI selama 30 hari hingga 15 Desember 2018 nanti," ujar Bonnie.

Dikatakannya, terkait DPTHP2 masih disempurnakan selama ini karena ada temuan dari Bawaslu dan rekomendasi Partai Politik (Parpol) serta penemuan data dari PPK, PPS dan juga berbagai temuan masyarakat.

"KPU RI menegaskan kembali jajaran Kabupaten/Kota dalam penyempurnaan DPTHP2 dimana akan mengakomodir Pemilu yang belum memiliki KPT Elektronik namun dipastikan sudah terdaftar di kartu keluarga dan berdomisili di wilayah itu," jelasnya.

Bonnie menjelaskan, warga dimasukkan data ke DPTHP2 walaupun belum memiliki KTP Elektronik (E-KTP), kemudian menindaklanjuti untuk dilakukan perekaman oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil).

"Bawaslu mengimbau untuk memperhatikan dan mempertimbangkan yang belum terdeteksi memiliki E-KTP namun sudah punya NIK dan KK," tegas Bonnie.

Setelah pembukaan, KPU Toraja Utara melanjutkan rapat pleno dengan cara berdiskusi bersama Paprol, Dukcapil, Bawaslu dan PPK terkait perbaikan data dan rekapitulasi sebelum penetapan.

Ket foto : KPU Toraja Utara Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penyempurnaan DPTHP2 tingkat Kabupaten pada Pemilu 2019 di Hotel Heritage, Kecamatan Kesu, Sabtu (8/12/2018). / dok foto Risnawati
Area lampiran

Penulis: Risnawati M
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved