VIDEO: Seperti Ini Lingkungan SMAN 2 Wajo, Peraih Adiwiyata Mandiri 2017

Bukan hanya untuk giat belajar, melainkan untuk menjaga lingkungan sekitar. Sebagai sekolah peraih Adiwiyata Mandiri 2017 dari Kementerian Lingkungan

Laporan wartawan TribunWajo.com, Hardiansyah Abdi Gunawan

TRIBUNWAJO.COM, WAJO - Hampir tidak ada tembok yang dibiarkan kosong tanpa gambar di SMAN 2 Wajo, Kecamatan Majauleng, Kabupaten Wajo. Gambar-gambarnya pun mengandung pesan.

Bukan hanya untuk giat belajar, melainkan untuk menjaga lingkungan sekitar. Sebagai sekolah peraih Adiwiyata Mandiri 2017 dari Kementerian Lingkungan Hidup, SMAN 2 Wajo yang dulunya bernama SMAN 1 Majauleng tentu terus berbenah.

"Ini hasil karya siswa, kami (guru) cuma menfasilitasi mereka," kata Wakasek Sarana dan Prasarana SMAN 2 Wajo, Andi Mustan (43) kepada TribunWajo.com, Kamis (06/12/2018).

Bahkan, jambang dan tembok-tembok kamar mandi pun tidak luput dari aksi kreatif para siswa SMAN 2 Wajo. Di setiap kamar mandi, selalu ada gambar-gambar anjuran mencuci tangan dengan baik. Selain tembok luar gedung, di dalam kelas pun juga siswa dibiarkan berkreativitas.

Hal tersebut dimaksudkan, agar siswa merasa nyaman dalam belajar. Di luar ruangan, di beberapa tempat yang acap digunakan untuk belajar di luar kelas, juga dibuat senyaman dan seindah mungkin.

"Bagaimana menjadikan lingkungan itu sebagai media pembelajaran. Bagaiamana siswa mampu belajar di lingkungannya," kata guru pembina Adiwiyata tersebut.

Di SMAN 2 Wajo yang berdiri di lahan seluas 37.732 meter persegi, mata akan disuguhkan lingkungan yang asri, dengan pepohonan rindang, tersedianya daerah resapan air, serta gambar-gambar di tembok yang penuh dengan petuah pentingnya pendidikan dan menjaga lingkungan hidup.

Penulis: Hardiansyah Abdi Gunawan
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved