PT LIB Siapkan 2 Trofi Juara Liga 1, Puang Coklat: Keliru

Hanya saja, langkah yang dilakukan PT LIB oleh beberapa publik sepakbola Makassar dinilai tidak tepat. Hal itu diungkapkan Pengamat sepakbola Sulsel

PT LIB Siapkan 2 Trofi Juara Liga 1, Puang Coklat: Keliru
TRIBUN TIMUR/ILHAM MULYAWAN
Menteri Kreasi dan Seni The Maczman, Andi Syam Paswah (tengah) alias Coklat saat menggelar jumpa pers di kantor Sekretariat Panpel SSL U-21, Selasa (9/2/2016) siang. 

PT LIB Dinilai Keliru Siapkan 3 Trofi Juara Liga

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) menyiapkan tiga trofi untuk dua calon juara Liga 1 2018, Persija Jakarta dan PSM Makassar. Langkah itu diambil PT LIB untuk menghindari tudingan terhadap masyarakat Indonesia jika laga terakhir Liga 1 2018 dalam perebutan gelar juara hanya sebuah setingan.

Hanya saja, langkah yang dilakukan PT LIB oleh beberapa publik sepakbola Makassar dinilai tidak tepat. Hal itu diungkapkan Pengamat sepakbola Sulsel, Andi Syam Paswah yang juga eks Dirigen The Macz Man.

"Jika untuk menghindari tudingan pengaturan skor dengan hanya menghadirkan trofi, maka LIB keliru. Keliru karena esensinya bukan trophy, tapi proses perjalanan kompetisi," papar Andi Syam Paswah, Kamis (6/12/2018).

Pria yang akrab disapa Puang Coklat ini menjelaskan PT LIB sebenarnya hanya butuh membenahi sistem kompetisi. Agar tidak ada lagi kecurigaan dan tudingan terhadap Liga 1 telah disetting hingga ada pengaturan skor.

Misalnya, perangkat pertandingan semisal wasit hingga asisten wasit yang berkualitas. Kemudian ada penyegaran yang dilakukan ditubuh PSSI.

"Andai serius ingin menghapus tudingan, maka operator seharusnya menyiapkan sebuah perangkat sistem yang dapat memperbaiki kualitas liga," paparnya.

Dijetahui, PT LIB menyiapkan tiga trofi untuk dua calon juara. Dua piala dibuat sebagai replika, satu dibawah ke-Jakarta dan satunya lagi ke-Makassar.

Nantinya, satu trofy replika disiapkan pada laga antara Persija Jakarta versus Mitra Kukar di GBK, Minggu (9/12/2018).

Satu trofy replika lagi, disiapkan untuk laga PSM Makassar versus PSMS Medan, dengan jadwal yang sama dengan Persija dan Mitra.

Sehingga, siapapun yang juara tahun ini, PSM atau Persija, langsung dilakukan seremoni penyerahan trofy Liga 2018, meskipun hanya replika.

"Sementara satu trofy original akan kami serahkan saat acara awarding yang belum kami tentukan kapan digelar," kata Manajer Hubungan Media PT LIB, Hanif Marjuni.

Penulis: Wahyu Susanto
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved