Pemilu 2019

Komisioner KPU Selayar: Orang Gangguan Kejiwaan Bisa Ikut Memilih

KPU Selayar mendata orang dengan gangguan kejiwaan untuk dimasukkan dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019.

Komisioner KPU Selayar: Orang Gangguan Kejiwaan Bisa Ikut Memilih
nurwahidah/tribunselayar.com
Komisioner KPU Selayar, Andi Nastuti

Laporan Wartawan TribunSelayar.com, Nurwahidah

TRIBUNSELAYAR.COM, BENTENG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Selayar mendata orang dengan gangguan kejiwaan untuk dimasukkan dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019.

Itu artinya, para tunagrahita ini dipastikan bisa memilih layaknya masyarakat lainnya untuk mencoblos calon presiden, wakil presiden, dan calon wakil rakyat di semua tingkatan parlemen pada 17 April 2019 mendatang. Hal itu telah dinyatakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI beberapa waktu lalu.

Komisioner KPU Selayar Andi Nastuti mengatakan bahwa selain pasca putusan Mahkamah Konsitusi Berdasarkan PKPU nomor 11 tahun 2018 pasal 4 ayat 2 salah satu syarat memilih tidak terganggu jiwanya dan pasal berikutnya pasal 3 pemilih yang terganggu jiwa/ingatannya tidak memenuhi syarat sebagaimana pemilih harus dibuktikan dengan surat keterangan dokter.

Baca: Kementan Resmikan Agrowisata Durian di Kota Solok

Baca: Bupati Luwu Timur Minta Kades Data Warganya Tak Sekolah

Baca: Penasaran Nonton Ma Pasilaga Tedong di Toraja, Ini Jadwal Bulan Desember

"Dengan adanya kata harus dibuktikan keterangan dokter, maka yang tidak memiliki surat keterangan dari dokter jiwa terhadap yang gangguan jiwa ini maka bisa memilih," kata Andi Nastuti saat dihubungi Tribunselayar.com, melalui whatsapp, Kamis (6/12/2018).

Menurutnya, terkait yang gangguan jiwa, sejak saya menjadi penyelenggara pemilu 2014 sampai sekarang yang gangguan jiwa tetap didaftarkan sebagai pemilih.

Proses pemutakhiran data saat ini dilakukan penyumpurnaan daftar Pemilih Tetap hasil perbaikan dan ditetapkan melalui rapat pleno terbuka di KPU Kabupaten dari tanggal 5 sampai 10 Desember 2019.

"Ini sesuai surat edaran KPU no 1429 revisi ke 5, dan di KPU Kabupaten Selayar rencana dilaksanakan rapat pleno terbuka pada hari Jumat besok,"tuturnya.

Ia menambahkan bahwa setelah ditetapkan penyempurnaan DPT hasil perbaikan ini, jika masih ada yang belum terdaftar sebagai pemilih maka tetap bisa menggunakan hak pilihnya di hari H atau hari Rabu 17 April 2019 dengan menggunakan KTP Elektronik pukul 12.00 Wita atau waktu setempat.

Lebih dekat dengan Tribun Timur, subscribe channel YouTube kami: 

Follow juga akun instagram official kami: 

A

Penulis: Nurwahidah
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved