Kasihan, Petani di Abbokongang Sidrap Harus Bayar untuk Pakai Irigasi

Petani di Desa Abbokongang diresahkan oleh perbuatan oknum yang menarik pungutan, jika ingin mengairi sawahnya.

Kasihan, Petani di Abbokongang Sidrap Harus Bayar untuk Pakai Irigasi
Humas Polres Sidrap
Polsek Panca Rijang memeriksa lokasi irigasi yang menjadi sengketa petani di Desa Abbokongang Sidrap (foto: Humas Polres Sidrap) 

Laporan Wartawan TribunSidrap.com, M Haris Syah

TRIBUNSIDRAP.COM, KULO -- Petani di Desa Abbokongang, Kecamatan Kulo diresahkan oleh perbuatan oknum yang menarik pungutan, jika ingin mengairi sawahnya.

Hal ini telah berlangsung bertahun-tahun, akibat dikuasainya saluran irigasi oleh oknum berinisial A di desa itu. Petani harus membayar 1 karung gabah per 10 karung hasil panen, jika menggunakan air dari irigasi yang melintas di lahan milik A ini. Jika petani tidak membayar, A menutup saluran irigasinya.

Hal ini baru terungkap saat petani mulai gerah dan kesulitan memenuhi pungutan. Petani lalu melapor ke pemerintah desa, yang kemudian diteruskan ke Polsek Panca Rijang.

Baca: Syahrini Bicara Kisah Cinta Jika Sudah Ijab Kabul Depan Penghulu, Calonnya Reino Barack?

Baca: Hasil dan Klasemen Liga Inggris - Kalahkan Watford, Manchester City Makin Mantap di Puncak

Baca: CPNS 2018 - UPDATE 113 Link Resmi Pengumuman SKD, Ini Syarat Ikut SKB & Komposisi Soal

"Kita sudah meninjau lokasi irigasi, dan memeriksa beberapa orang," kata Kapolsek Panca Rijang Kompol Syamsu kepada TribunSidrap.com, Rabu (5/12/2018).

Informasi yang dihimpun TribunSidrap.com kejadian, irigasi yang dikuasai oknum A ini mengalir sepanjang satu kilometer dari irigasi induk. Terdapat sekira 50 hektar sawah yang menggantungkan pengairan dari irigasi tersebut.

"Sebenarnya pemerintah desa sudah berupaya mencari solusi antara para petani dengan A. Namun A ini tidak mau," jelasnya.

Unit Intelkam dan Unit Reskrim Polsek Panca Rijang masih menyelidiki kasus ini. Termasuk memeriksa oknum A yang menarik pungutan atas irigasi tersebut. 

Lebih dekat dengan Tribun Timur, subscribe channel YouTube kami: 

Follow juga akun instagram official kami: 

i
Penulis: M haris syah
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved