Gerobak Baca Bakal Hadir di Sengkang, Ayo Donasikan Bukumu

Sekelompok anak muda di Wajo mengambil langkah inisiatif untuk meningkatkan minat baca masyarakat Wajo.

Laporan wartawan TribunWajo.com, Hardiansyah Abdi Gunawan

TRIBUNWAJO.COM, WAJO - Sekelompok anak muda di Wajo mengambil langkah inisiatif untuk meningkatkan minat baca masyarakat Wajo.  Mahasiswa Institut Agama Islam (IAI) As'adiyah tersebut bakal membuat 'Gerobak Baca'.

Tentu, sesuai dengan namanya, mengadopsi cara pustaka bergerak bekerja, gerobak baca tersebut bakal menyambangi tempat-tempat ramai yang ada di Kabupaten Wajo, terkhusus di Sengkang.

Namun untuk mewujudkan hal tersebut,  mereka masih terkendala buku-buku bacaan. Kurangnya koleksi buku, serta proses pengerjaan gerobak bacanya yang belum rampung, membuat gerakan pustaka tersebut belum berjalan.

Baca: Masalah TB Diminta Jadi Perhatian Di Parepare

Baca: Garam Jeneponto Disebut Mengandung Mikroplastrik, Ini Kata Sekda Jeneponto

Baca: BKN Bocorkan Beberapa Hal yang Bisa Gugurkan Peserta Tes SKB CPNS 2018

"Sekarang lagi cari donatur buku. Terus pembuatan gerobaknya sekarang sedang diproses. Jadi sekarang lagi gencar-gencarnya cari donatur dulu, biar terkumpul dulu bukunya," kata salah satu inisiator Gerobak Baca, Wahyuna Ningsi ke Tribunwajo.com, Rabu (05/12/2018).

Mahasiswa Pendidikan Agama Islam tersebut juga menyebutkan, bahwa siapa saja boleh menjadi donatur untuk buku-buku yang akan disimpan di gerobak keliling. Segala jenis buku pun bakalan diterima, selama buku tersebut bisa bermanfaat.

"Karena biasanya disimpan saja bukunya tidak terpakai, jadi yang ingin donasikan yah silahkan. Nanti juga yang donasikan akan dicatat baik-baik nama donaturnya sama judul buku yang didonasikan dalam buku biar jadi arsip," kata mahasiswa semester 7 tersebut.

Menurut Wahyuna Ningsi, konsep gerobak baca tersebut dibuat, bertujuan agar minat baca masyarakat setempat meningkat. Mengingat, belum adanya 'Gerobak Baca' ataupun konsep serupa pustaka bergerak di Kabupaten Wajo.

Baca: Jadwal Pekan ke-34 Liga 1 2018: Lima Partai Krusial Digelar Bersamaan

Baca: Hujan, Hati-hati, Ada Genangan Air di Ujung Jl Pettarani-Alauddin Makassar

Baca: Pemilik Wisma Mulia di Palopo Ditemukan Tewas

"Selain itu, gerobak baca juga dibuat supaya lebih berminat baca buku terus buku yang tidak terpakai tidak mubazir kalau dibuang sama dibakar kan sayang," katanya.

Menarik bukan? Bila Anda tertarik untuk mendonasikan buku-buku Anda yang menumpuk, Anda bisa menghubungi Rahman Zulkifli di 085397129827 ataupun Wahyuna Ningsi di 081242345131.(*)

Lebih dekat dengan Tribun Timur, subscribe channel YouTube kami: 

Follow juga akun instagram official kami: 

Penulis: Hardiansyah Abdi Gunawan
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved