Festival Kandean Dulang Digelar, Kesenian Dari Toraja Barat Akan Ditampilkan

Festival Kandean Dulang pada perayaan event Lovely December 2018 akan digelar di Kota Rantepao, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Festival Kandean Dulang Digelar, Kesenian Dari Toraja Barat Akan Ditampilkan
foto Asdem Lebang.
Ketua Panitia FKD 2018, Asdem Lebang saat melukis ukiran Toraja di kain putih dan melakukan persiapan lainnya, di pelataran Art Center Kecamatan Rantepao. 

Laporan Wartawan TribunToraja.com, Risnawati

TRIBUNTORAJA.COM, RANTEPAO - Festival Kandean Dulang pada perayaan event Lovely December 2018 akan digelar di Kota Rantepao, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Festival Kandean Dulang tahun ini merupakan gelaran ketiga, meski sempat vakum di tahun 2017.

Baca: BPJS Ketenagakerjaan Serahkan Santunan di Upacara HUT ke 41

Baca: Inspektorat Sulsel Kunjungi Pemkab Sidrap

Pembukaan Lovely December Toraja Utara 2018 akan dilaksanakan pada malam pucak Festival Kandean Dulang (FKD) pada, Sabtu (15/12/2018) mendatang.

Ketua panitia festival, Asdem Lebang mengatakan, dengan tema atraksi budaya Toraja yang bertujuan mengangkat kembali atraksi budaya khususnya budaya suka cita atau Aluk Rambu Tuka yang dikemas dalam bentuk pertunjukan serta pameran seni.

"Yang unik dari festival ini tidak hanya mengangkat kesenian satu daerah saja, yang sebelumnya banyak penampilkan kesenian dari Toraja Utara, tahun ini kita mengangkat kesenian tradisional dari Toraja bagian barat," ucap Asdem.

Asdem mengatakan bahkan, mungkin masih banyak masyarakat Toraja yang belum pernah menyaksikan kesenian tersebut.

FKD 2018 akan digelar di tengah perapatan Kota Rantepao, tepatnya di tugu kandean dulang dan sepanjang jalan depan pertokoan toko souvenir.

Baca: TRIBUNWIKI: Profil Anggota KSR-PMI STIA Puangrimaggalatung, Relawan Palu

Baca: Makassar Butuh 0,2 Persen Kotak, Gowa Terima 90 Bilik Suara

"Rangkaian kegiatan ini nantinya juga akan diramaikan permainan rakyat yang diikuti oleh Siswa-siswi SD di Toraja Utara, pameran industri kreatif, penampilan band, dan tentunya atraksi budaya," tutup Asdem.

Panitia FKD 2018 berasal dari Sanda Rupa Art Toraya, Londe, Rumah Budaya Tindoki, Toraya Melada, Sanggar-sanggar Seni Toraja, Komunitas Kopi Toraja.

Lebih dekat dengan Tribun Timur, subscribe channel YouTube kami: 

Follow juga akun instagram official kami: 

i
Penulis: Risnawati M
Editor: Waode Nurmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved