Kemilau Toraja 2018

Pesan Aktivis Untuk Bupati Nicodemus, Kemilau Toraja 2018 Digelar, Mappak Masih Berlumpur

Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae mendapat pesan dari sejumlah aktivis dan mahasiswa Himpunan Mahasiwa Simbuang-Mappak.

Pesan Aktivis Untuk Bupati Nicodemus, Kemilau Toraja 2018 Digelar, Mappak Masih Berlumpur
Foto Dok Joni dan Restu Tangaka
Keadaan jalan di Lembang (Desa) Butang Kecamatan Mappak Kabupaten Tana Toraja dalam sebuah video yang dikirim Aktivis Pemuda Mahasiswa Simbuang Mappak Makassar, Joni. 

Laporan Wartawan TribunToraja.com, Risnawati

TRIBUNTORAJA.COM, MAKALE - Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae mendapat pesan dari sejumlah aktivis dan mahasiswa Himpunan Mahasiwa Simbuang-Mappak.

Pesannya, disampaikan pada pelaksanaan perayaan event tahunan Lovely December yang sekarang diganti Pemkab Tana Toraja menjadi Kemilau Toraja 2018 pada bulan ini.

Mantan Ketua Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Simbuang Mappak Makassar, Joni mempertanyakan janji Bupati Nicodemus yang akan membenahi infrastruktur jalan di Kecamatan Mappak.

Baca: Unit Resmob Polres Tana Toraja Identifikasi TKP Pencurian di Toko Handphone Rantepao

Baca: Ekspor Sepeda Motor Yamaha Sudah Tembus 1,5 Juta Unit, Diapresiasi Jokowi

Baca: Mabuk Gorilla, Steven Tabrak Dansat Brimob Sulsel Ini Fakta-faktanya Bagaimana Nasib Steven?

Baca: Berikut Agenda Bupati Luwu Utara Sepanjang Hari Ini

"Event besar yang diadakan di Makale, sama sekali tidak berdampak bagi masyarakat Mappak, karena Mappak saat ini masih berlumpur," kata Joni, Selasa (4/12/2018).

Joni menjelaskan, pada Kunker tahun 2017 lalu Bupati Nicodemus menjanjikan Rp 15 Miliar masing-masinh untuk Kecamatan Simbuang dan Mappak, namun pada penetapan APBD 2018, hanya Simbuang yang mendapat anggaran meskipun nilainya tidak sesuai yang dijanjikan.

Sedangkan, Kecamatan Mappak tidak mendapat anggaran, akibatnya aktivis mahasiswa kembali unjuk rasa di Kantor Bupati yang diterima oleh Wabup Tana Toraja, Victor Datuan Batara.

"Kami kembali dijanji dianggarkan di APBD perubahan, namun sayang waktu berlalu pembahasan APBD perubahan diketukkan palu lewat rapat paripurna dan Kecamatan Mappak mendapat kucuran dana Rp 1 Miliar pada APBD perubahan," jelasnya.

Sebulan berlanjut pasca penetapan, masyarakat Mappak menanyakan hal tersebut dan Dinas terkait belum pernah ke lokasi melakukan survei.

"Mahasiswa mendatangi Dinas PU menanyakan dana 1 Miliar tersebut dan kepastian pengerjaannya, namun Plt Kadis PU hanya mengatakan sedang diproses di bagian perencanaan," tambahnya.

Halaman
12
Penulis: Risnawati M
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved