Berkat Program Kotaku, Warga Katangka Tak Lagi Kesulitan Air Bersih

Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) menggagas program Kotaku (Kota Tanpa Kumuh) untuk menghadirkan air bersih ke sejumlah rumah di Kecamatan Sombaopu.

Berkat Program Kotaku, Warga Katangka Tak Lagi Kesulitan Air Bersih
handover
Suriati Dg Tene memakai air bersih yang telah mengalir di daerah tempat tinggalnya. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Ari Maryadi

TRIBUN-TIMUR.COM, GOWA - Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) menggagas program Kotaku (Kota Tanpa Kumuh) untuk menghadirkan air bersih ke sejumlah rumah di Kecamatan Sombaopu.

Titik pengadaan air bersih di Kelurahan Katangka, KPP Bontobiraeng contohnya, masyarakat bersinergi membuat reservoir (bak cadangan air) dengan kapasitas 9 kubik air dalam 24 jam nya.

Baca: Hari Disabilitas, Ini Harapan Band Indie Makassar Natinson

Baca: Meski Miliki Keterbatas Fisik, Guru di Sinjai Ini Jadi Favorit Siswa

Koordinator Kotaku Nurlia Ruma menyebutkan, warga kerap kali mengeluh lantaran sulitnya air bersih didapatkan. Seperti di Kelurahan Katangka dengan dua titik.

Begitu pun di Kelurahan Samata, Romangpolong, Mawang, Pandang-pandang, Tombolo, Batangkaluku, Bontoramba, Tamarunang dan Paccinongang. 

"Pembangunan ini dilakukan berkat pembiayaan Bantuan Dana Investasi (BDI) dengan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) dan partisipasi masyarakat," kata Nurlia Ruma, Senin (3/12/2018).

Nurlina melanjutkan, sulitnya memperoleh air bersih di Katangka disebabkan daerah tersebut adalah perbukitan.

Saat itu, warga mesti membeli air bersih pergalon untuk keperluan sehari-hari, seperti minum, masak ataupun mencuci.

"Sekarang satu bulan telah berjalan. Akhirnya warga bisa menikmati air bersih langsung di rumah mereka. Khusus di Katangka mampu mengcover 43 rumah," bebernya.

Warga pun tak perlu merogoh kocek yang banyak. Hanya dengan Rp.4 ribu perkubik, pengolahan air dengan reservoir dilakukan.

Halaman
12
Penulis: Ari Maryadi
Editor: Waode Nurmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved