Di Sulsel Ada 2.166 Pemilih yang Mengalami Gangguan Kejiwaan

KPU Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) telah melakukan rekapitulasi dan menetapkan jumlah Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan tahap II Pemilu 2019

Di Sulsel Ada 2.166 Pemilih yang Mengalami Gangguan Kejiwaan
akbar/tribunbarru.com
Anggota Bawaslu Sulsel Amrayadi.

Laporan Wartawan Tribun Timur Abdul Aziz Alimuddin

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) telah melakukan rekapitulasi dan menetapkan jumlah Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) tahap II di Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Hasilnya, ditetapkan sebanyak 6.054.198 DPT. Penetapan DPT Pemilu 2019 hasil DPTHP tahap II digelar di Hotel Grand Asia, Jl Boulevard, Kota Makassar, Sulsel, Selasa (13/11/2018) lalu.

Baca: Tim Polrestabes Makassar Amankan Sabu yang Jatuh Dari Bra Ratnawati di Kampung Gotong Sapiria

Baca: Selain Meja dan Kursi, SD Inp Perumnas Balaroa Juga Kekurangan Ruang Kelas

Dari jumlah diatas, sebanyak 2.166 pemilih tunagrahita atau gangguan kejiwaan ikut ditetapkan sebagai DPT Pemilu. Terdiri dari 1.212 laki-laki dan 954 perempuan.

Terkait hal itu, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sulsel mengaku memiliki cara dalam mengawasi pemilih disabilities tunagrahita di Sulsel.

"Ada cara pengawasannya, nanti kami akan berikan pembekalan ke semua pengawas di kecamatan dan kelurahan," ujar Komisioner Bawaslu Provinsi Sulsel Amrayadi, Sabtu (1//12/2018).

Baca: Ustad Dasad Latif Ceramah di Ponpes Uswatun Hasanah Cendana Hijau Luwu Timur

Baca: Kapolres Tana Toraja Ikut Sosialisasikan Bahaya Korupsi di Bappeda

Mantan Ketua KPU Kabupaten Soppeng itu menambahkan, pemilih disabilities mental bisa menyalurkan hak pilihnya asalkan ada surat keterangan dari dokter.

"Bisa memilih asal ada keterangan sehat dari dokter. Bisa juga ditemani mencoblos di TPS asalkan yang bersangkutan meminta. Bisa keluarnya, bisa juga petugas PPS," kata Amrayadi.(ziz)

Lebih dekat dengan Tribun Timur, subscribe channel YouTube kami: 

Follow juga akun instagram official kami: 

ii
Penulis: Abdul Azis
Editor: Waode Nurmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved