Penuh Kenangan, Begini Kondisi Rumah Masa Kecil SYL di Rappang Sidrap

Tidak banyak yang tahu, mantan Gubernur Sulsel dua periode Syahrul Yasin Limpo (SYL) juga pernah menghabiskan masa kecil di Rappang

Penuh Kenangan, Begini Kondisi Rumah Masa Kecil SYL di Rappang Sidrap
M Haris Syah/TribunSidrap.com
Rumah panggung di Rappang, Kecamatan Panca Rijang, Sidrap yang pernah ditinggali mantan gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo 

Laporan Wartawan TribunSidrap.com, M Haris Syah

TRIBUNSIDRAP.COM, PANCA RIJANG -- Tidak banyak yang tahu, mantan Gubernur Sulsel dua periode Syahrul Yasin Limpo (SYL) juga pernah menghabiskan masa kecil di Rappang, Kabupaten Sidrap.

Hal itu terungkap saat TribunSidrap.com menyambangi rumah milik ayah SYL, Kolonel (Purn) H. Yasin Daeng Limpo, di Jl. Mesjid Raya, Kelurahan Lalebata, Kecamatan Panca Rijang.

"Alhamdulillah, itu rumah masa kecil saya," kata Syahrul, saat TribunSidrap.com mengirimkan foto rumah panggung itu ke nomor whatsapp-nya.

Rumah itu kini dihuni oleh kerabat Syahrul, HM Surkati Muin dan keluarganya sejak tahun 1989.

Namun Surapati mengaku tidak tau persis kapan rumah itu didirikan. Tetapi berdasar keterangan pamannya, sejak tahun 1919 rumah itu sudah berdiri. Ia memprediksi usia rumah itu sudah diatas 100 tahun.

Surapati menyebut, rumah panggung dengan 20 tiang itu masih seperti dulu.

"Tidak ada yang dirubah, karena pesan ibu Hj Nurhayati (ibu SYL, red) seperti itu," tuturnya.

Bentuk dan ukuran rumah itu-pun dipertahankan. Dinding, kuseng, dan daun jendela yang terbuat dari kayu masih kokoh, beratap seng, dengan alliri (tiang) pendek-pendek sekira 50 cm.

Perubahan hanya pada empat anak tangga yang terbuat dari semen dan tegel, beberapa bagian lantai yang keropos, serta pagar besi yang sudah diganti.

Halaman
12
Penulis: M haris syah
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved