Ganti Rugi Lahan Kampus ITH, Pemkot Parepare Siapkan Rp 7,5 Miliar

Ide membangun kampus ITH datang dari Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, pada periode pertamanya memimpin Parepare

Ganti Rugi Lahan Kampus ITH, Pemkot Parepare Siapkan Rp 7,5 Miliar
TRIBUN TIMUR/MULYADI
Sejumlah komunitas Parepare aksi tanda tangan petisi peninjauan ulang ITH, tahun 2017 lalu. Pemkot Parepare siap bayar ganti rugi lahan ITH. Artikel ini telah tayang di tribun-timur.com dengan judul Pembebasan Lahan Institut Teknologi Habibie Menggantung, Ini Masalahnya, http://makassar.tribunnews.com/2017/09/08/pembebasan-lahan-institut-teknologi-habibie-menggantung-ini-masalahnya. Penulis: Mulyadi Editor: Suryana Anas 

TRIBUN-TIMUR.COM, PAREPARE - Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kota Parepare siap membayarkan ganti rugi lahan untuk membangun kampus Institut Teknologi Habibie (ITH) Parepare.

Kasi Pengadaan dan Pengaturan Lahan pada Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Parepare, Ulfa Lanto, mengatakan, pemkot menyiapkan Rp 7,5 miliar untuk membayar ganti rugi lahan.

“Kami undang semua pemilik lahan, perwakilan Badan Pertanahan, Pemkot Parepare, dan TP4D," jelas Ulfa Lanto, Jumat (16/11/2018).

Ia menjelaskan, sebanyak 66 bidang tanah yang dimiliki 56 orang. "Dari 56 pemilik lahan, sebanyak tiga orang menolak," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Pengawal, Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D), Amiruddin, mengungkapkan, pembebasan lahan kampus ITH ini sudah layak dilakukan, karena semua syarat administrasi telah terpenuhi.

"Syarat administrasi sudah memenuhi seperti riwayat tanah, sertifikat, sporadis. Saya kira sudah layak untuk dibayarkan," tambahnya.

Ide membangun kampus ITH datang dari Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, pada periode pertamanya memimpin Parepare.

Setelah terpilih kembali di Pilwali Parepare 2018 berpasangan Pangerang Rahim, Taufan Pawe masih terus berjuang mewujudkan kampus ITH itu.

Pada Agustus 2014 lalu, Taufan Pawe mengundang Presiden Ke-3 RI, BJ Habibie, mencanangkan pembangunan gedung Rektorat Institut Teknologi Habibie.

Gedung rektorat ITH Parepare itu menempati Gedung Pemuda Parepare.

Sedangkan kampus utama rencananya dibangun di wilayah Lompoe, Kecamatan Bacukiki. (*)

Penulis: Mulyadi
Editor: Insan Ikhlas Djalil
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved