Setiap Tahun Kekeringan, Warga Bontonyeleng Bulukumba Gotong Royong Pasang Pipa Pansimas

warga Desa Bontonyeleng, Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba,gotong royong menggali dan memasang pipa di jalan Dusun Seka

Setiap Tahun Kekeringan, Warga Bontonyeleng Bulukumba Gotong Royong Pasang Pipa Pansimas
handover
Puluhan warga Desa Bontonyeleng, Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel), gotong royong menggali dan memasang pipa di jalan Dusun Seka, Minggu (11/11/2018). 

Laporan Wartawan TribunBulukumba.com, Firki Arisandi

TRIBUNBULUKUMBA.COM, GANTARANG - Puluhan warga Desa Bontonyeleng, Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel), gotong royong menggali dan memasang pipa di jalan Dusun Seka, Minggu (11/11/2018).

Penggalian dan pemasang pipa ini merupakan program dari pemerintah pusat, yakni penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas).

Baca: Jelang Penilaian Adipura, Sekda Turun Tangan Bersihkan Drainase di Sinjai

Baca: Arqam Azikin: Deklarasi Garbi Tak Menarik Minat Publik

Program ini telah lama dinantikan oleh warga desa. Pasalnya, setiap musim kemarau, warga Desa Bontonyeleng selalu kekurangan pasokan air bersih.

Koordinator Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM), Sudirman, mengatakan, program Pamsimas ini mengandalkan mata air yang ditampung dalam kolam penampungan.

"Dengan air dua liter per detik ini akan memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat," kata pak Iman, sapaan Sudirman.

Kepala dusun Seka, Jusman, mengungkapkan, selama ini, sejumlah warganya kesusahan mendapatkan air bersih.

Untuk memenuhi kebutuhan setiap harinya, biasanya warga mengambil air di sungai yang kadar kebersihan airnya tak bisa dijamin, atau ke tetangga yang memiliki sumur bor.

"Antusias masyarakat akan adanya Pamsimas ini cukup tinggi. Mereka bergotong royong membangunnya. Sudah dua hari ini mereka turun dengan jumlah puluhan orang dan semoga pekerjaan pembangunan pansimas ini cepat selesai sehingga mereka bisa menikmati," katanya.

Jusman menjelaskan, Dusun Seka merupakan dusun di Desa Bontonyeleng terkena dampak kemarau yang paling parah.

Halaman
12
Penulis: Firki Arisandi
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved