Ketua KPU Tana Toraja Usul Pengungsi dari Mamasa Menginap di Tongkonan

Kata Risal, berada di bangunan Tongkonan atau rumah panggung yang dibangun di Toraja akan jauh lebih aman.

Ketua KPU Tana Toraja Usul Pengungsi dari Mamasa Menginap di Tongkonan
risnawati/tribuntoraja.com
Ketua KPU Tana Toraja, Risal Randa.

Laporan Wartawan TribunToraja.com, Risnawati

TRIBUNTORAJA.COM, MAKALE - Aktifi pemuda yang juga Ketua KPU Tana Toraja, Risal Randa mengusulkan pengungsi dari Kecamatan Masanda, Tana Toraja, dan Kecamatan Taba, Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulbar, agar mengungsi sementara di Tongkonan (rumah adat Toraja).

Sekitar seribu lebih pengungsi dari dua kecamatan tersebut mengungsi di halaman Kantor Kecamatan Bittuang, karena takut akan gempa susulan, setelah Kabupaten Mamasa diguncang gempa berskala 5,5 SR pada Selasa (06/11/2018) dini hari.

Getaran gempa juga sangat terasa di Kecamatan Masanda.

"Menurut saya daripada mereka mengungsi di halaman terbuka kantor camat dengan pengungsi banyak seperti itu, mendingan warga menginap di rumah Tongkonan milik warga atau pemkab," ujar Risal kepada TribunToraja.com, Rabu (07/11/2018).

Kata Risal, berada di bangunan Tongkonan atau rumah panggung yang dibangun di Toraja akan jauh lebih aman.

"Tongkonan itu di desain tahan terhadap bencana alam seperti gempa, banjir bandang dan lainnya," ucap Risal yang menjabat sebagai Ketua KPU Tana Toraja.

Sebagai sarjana Arkeologi Fakultas Sastra Universitas Hasanuddin (Unhas), Risal mempelajari rumah panggung yang di desain para leluhur dan tujuannya terhindar dari beragam bencana.

"Saya paham terkait arsitektur tradisional, yang tiangnya besar dan elastis jika terjadi goncangan itu aman untuk ditempati," jelasnya.

"Namun, yang terpenting dengan situasi sekarang atas terjadinya gempa yang dirasakan sampai di wilayah Toraja agar warga tidak mudah panik," tutup Risal.

Dia berharap Pemkab Tana Toraja benar turun menenangkan warga dan tidak memilih diam, serta siapapun yang berwenang harus mengimbau warga untuk tidak panik dengan situasi yang dihadapi saat ini.

Penulis: Akbar
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved