Seluk Beluk Helm yang Jarang Diketahui, dari Model Ideal, Umur Pemakaian, Cara Membersihkan

Seluk beluk helm yang jarang diketahui, dari model ideal, umur pemakaian, cara membersihkan helm.

Seluk Beluk Helm yang Jarang Diketahui, dari Model Ideal, Umur Pemakaian, Cara Membersihkan
SANOVRA JR
Model Indah berpose didekat motor Chopperland dari Elders Garage X kickasschopper milik Presiden Republik Indonesia Jokowi yang dipamerkan di Internasional Indonesia Motor Show (IIMS) Makassar, di Celebes Convention Center, Makassar, Jumat (12/10). Hadirnya display motor yang merupakan karya modifikasi berbasis Royal Enfield Bullet ini jadi perhatian para pecinta modifikasi di Makassar. Selain motor, jaket, sepatu dan helm yang dikenakan jokowi saat menggunakan motor ini dipamerkan juga. TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR 

Seluk Beluk Helm yang Jarang Diketahui, dari Model Ideal Helm, Umur Pemakaian Helm, Cara Membersihkan Helm

TRIBUN-TIMUR, MAKASSAR - Helm berperan penting untuk melindungi kepala saat mengendarai motor. Atas perannya tersebut, pengendara harus memilih helm yang benar-benar mampu melindungi kepala.

Menurut Sakaguchi Yasuhiro, General Manager Arai Helmet, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dari sebuah helm. Menurut dia, helm ideal yang mampu melindungi kepala ialah yang bentuknya mendekati kepala pengendara.

“Gunakan helm yang kompak (padu) dan bentuknya mendekati kepala asli,” kata Yasuhiro beberapa waktu lalu di gelaran IMOS 2018. “Ketika mengenakan helm seperti itu, benturan di kepala dapat diredam. (Efek) benturan akan berpindah ke badan manusia,” ujarnya.

Poin kedua yang menurutnya penting adalah kekuatan dari shell atau batok helm. “Kami gunakan bahan superfiber untuk helm Arai. Bahan ini memiliki sifat fisik seperti logam, 30 persen lebih kuat daripada serat kaca biasa,” ujar Yasuhiro.

“Bagian dalam helm juga harus licin, agar kepala ikuti arah jatuh helm,” jelasnya. Sekadar informasi, helm Arai sendiri telah bersertifikat SNI, selain sudah dibubuhi lebih dulu dengan SNELL, PSC, dan DOT.

Cepat dan Praktis Bersihkan Helm Tanpa Air

Selain dapat menimbulkan penyakit, helm yang kotor dan bau dapat membuat riding jadi enggak nyaman. Untuk mengatasi hal itu, umumnya bikers membawa helmnya dibersihkan ke tempat cuci helm terdekat.

Meskipun helm kembali bersih dan wangi, ternyata ada risiko yang mengintai bikers kalau helm dicuci dengan cara yang tidak benar. “Pemanas yang digunakan pada tempat pencucian helm dapat merusak lapisan EPS di dalam helm,” kata Julius Vega dari komunitas Belajar Helm kepada GridOto.com pada pameran IMOS 2018, pekan lalu.

Lapisan EPS (Expanded Polystyrene Styrofoam) tersebut berfungsi meredam benturan yang diterima oleh kepala pengguna jika terjadi insiden. Komponen EPS berada diantara shell helm dengan padding bagian dalam yang bersentuhan langsung dengan kepala.

Ilustrasi
Ilustrasi (INTERNET)
Halaman
1234
Editor: Aqsa Riyandi Pananrang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved