Mau Jadi Komisioner KPU Jeneponto? Baca Ini

Hal itu diungkapkan ketua Timsel KPU Jeneponto, Dr Tasrifin Tahara, didampingi dua anggota timsel lainnya

Mau Jadi Komisioner KPU Jeneponto? Baca Ini
muslimin/tribunjeneponto.com
Ketua Timsel KPU Jeneponto, Dr Tasrifin Tahara, didampingi dua anggota Timsel lainnya, Andi Lukman Irwan dan Ratna Kahali saat berkunjung ke redaksi Tribun Timur, Jl Cendrawasih, Makassar, Sabtu (3/11/2018) sore. 

TRIBUNJENEPONTO.COM, MAKASSAR - Tim seleksi (timsel) calon komisioner KPU Jeneponto membuka pendaftaran awal pekan depan.

Pendaftaran dilakukan selama tujuh hari, 5-11 November 2018.

Hal itu diungkapkan ketua Timsel KPU Jeneponto, Dr Tasrifin Tahara, didampingi dua anggota timsel lainnya, Andi Lukman Irwan dan Ratna Kahali saat berkunjung ke redaksi Tribun Timur, Jl Cendrawasih, Makassar, Sabtu (3/11/2018) sore.

"Usia minimal pendaftar itu 30 tahun, lampirkan SKCK, bebas pidana, KTP wajib domisili Jeneponto, bagi PNS harus ada surat izin. Misalnya pegawai tingkat dua harus ada izin dari bupati, begitu juga di provinsi izin gubernur," kata Dr Tasfirin Tahara.

Tahapan yang bakal dilalui pendaftar, yaitu seleksi adminstrasi, wawancara, tes kesehatan dan psikologi atau psikotes.

"Untuk seleksi administrasi, baiknya pendaftar melampirkan ijazah, sertifikat oraganisasi, makalah terstruktur dan dokumen-dokumen yang dapat dipertanggungjawabkan," ujarnya.

Khusus para pendaftar incumbent, menurut Ratna Kahali, akan diperlakukan sama. Namun jika terdapat aduan pelanggaran selama menjabat sebagai komisioner bakal dipertimbangkan.

"Incumbent tetap kita beri ruang yang sama, selama putusan terkait adanya dugaan pelanggaran atau putusan cacat hukumnya belum inkrah tetap kita proses sama. Kecuali kakau sudah ada putusan inkrahnya bahwa yang bersangkutan cacat hukum tentu kita perimbangkan, karena masa kita mau ambil orang bermasalah apalagi cacat secara hukum," jelas Ratna Kahali.

Sementara Andi Lukman Irwan, mengungkapkan pihaknya menjamin proses pelaksanaan seleksi bakal berlansung secara terbuka.

"Tentunya kita berupaya agar bagaimana tahapan seleksi kedepan berjalan secara fear, adil dan terbuka secara umum. Karena kami ingin menghadirkan penyelenggara yang berintegritas, kerana demokrasi yang baik itu diawali dengan penyelenggara yang berintegritas," tuturnya.

Proses penerimaan berkas pendaftar berlangsung mulai pukul 08.00-16.00 Wita.

Berkas diantar lansung pendaftar ke kantor KPU Jeneponto, Jl Radjamilo, Kecamatan Binamu, Jeneponto.

Penulis: Muslimin Emba
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved