Soal Jatah Hari Pasar, Ini Perbandingan Menjual di Pasar Kassi dan Majennang Pangkep

Para pedagang di pasar Kassi pangkep tetap meminta jatah pasar dua kali dalam sepekan

Soal Jatah Hari Pasar, Ini Perbandingan Menjual di Pasar Kassi dan Majennang Pangkep
TRIBUN TIMUR/MUNJIYAH DIRGA GHAZALI
Para pedagang penjual kosmetik, sendal dan pakaian di Pasar Kassi di Kecamatan Balocci, Kabupaten Pangkep, Sulsel, Rabu (31/10/2018) 

TRIBUNPANGKEP.COM, PANGKAJENE-- Persoalan jatah pasar antara pedagang pasar Kassi dan pasar Majennang belum selesai.

Para pedagang di pasar Kassi tetap meminta jatah pasar dua kali dalam sepekan, sementara pedagang Pasar Majennang yang sebagian asal dari Majennang tidak setuju pengalihan jatah pasar tersebut.

Salah seorang pedagang sendal, Nasrah asal Ujung Batu mengaku jelas sekali perbandingan penghasilan yang didapatkan dari kedua pasar ini.

"Beda sekali pembeli. Kalau saya menjual di pasar Majennang itu saya cuma dapat Rp 50 ribuan saja dan itu sudah pagi sampai ditutup lagi pasar sekitar pukul 11 jelang siang. Sepi sekali pembeli," kata Nasrah, Rabu (31/10/2018).

Sementara di Pasar Kassi, menurut Nasrah penghasilan per satu kali jualan itu di atas Rp 500 ribu.

"Alhamdulillah kalau di Pasar Kassi itu penghasilan di atas Rp 500 ribuan kadang sampai sejuta. Akses pasar Kassi jugakan jalan poros jadi orang yang berbelanja berpusat disitu. Sementara pasar Majennang sepi pembeli," ujarnya.

Sepinya pembeli di Pasar Majennang, kata Nasrah karena berada di tengah perumahan karyawan Tonasa 1 yang dulu ramai sewaktu perusahaan masih beroperasi.

Sejak perusahaan pabrik sudah tidak beroperasi, pasar tersebut sepi karena perumahan Tonasa 1 sudah tidak dihuni lagi karyawan Tonasa.

Pedagang lain yang merasakan efek penjualan di Pasar Kassi, H Ida juga mengaku jelas perbedaan pendapatan.

"Kalau jual pakaian di Pasar Majennang biasa ada pembeli satu hingga dua orang itupun mereka beli cuma 20 ribuan jadi kalau pagi sampai sore biasa cuma dapat Rp 50 ribu. Sementara di pasar Kassi itu penghasilan bisa sampai sejuta," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Munjiyah Dirga Ghazali
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved