CITIZEN REPORTER

Arkeolog Makassar Temukan Kuburan Manusia Prasejarah di Mallawa

Sementara ini hasil ekskavasi cukup mencengangkan. Mereka menemukan perkuburan manusia prasejarah di Leang Tete Hatu, Desa Batu Putih.

Arkeolog Makassar Temukan Kuburan Manusia Prasejarah di Mallawa
HANDOVER
Arkeolog Makassar Temukan Kuburan Manusia Prasejarah di Mallawa 

Taufiq Ismail

PEH Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung

Melaporkan dari Maros

TRIBUN-TIMUR.COM-Balai Arkeologi Sulawesi Selatan kembali meneliti situs prasejarah di Kecamatan Mallawa, Maros. Kali ini mereka meneliti beberapa gua, yakni Leang Tete Hatu, Leang Uttangnge, Leang Lappa Boneang, Leang Pacongeng, serta situs terbuka Bukit Ta’corong.

Penelitian ini telah berlangsung sejak tanggal 17 Oktober lalu dan rencananya berlangsung selama sebulan. Penggalian sistematis (ekskavasi) dan survei terus mereka lakukan di wilayah yang berbatasan dengan Bone ini.

Sementara ini hasil ekskavasi cukup mencengangkan. Mereka menemukan perkuburan manusia prasejarah di Leang Tete Hatu, Desa Batu Putih. Leang berarti gua dalam bahasa Makassar.

“Sepertinya berasal dari kebudayaan Austronesia. Tembikar ukir dan berslip merah adalah salah satu penanda tinggalannya,” tutur Dr. Hasanuddin selaku ketua tim peneliti.

Temuan perkuburan tak seperti kuburan saat ini.

Arkeolog Makassar Temukan Kuburan Manusia Prasejarah di Mallawa
Arkeolog Makassar Temukan Kuburan Manusia Prasejarah di Mallawa (HANDOVER)

“Ini adalah perkuburan sekunder. Kami menemukan sejumlah bukti berupa pecahan tembikar, serpihan tulang dan gigi manusia. Kami menjumpai pecahan tembikar yang begitu melimpah di gua alam ini,” tambah Hasan, sapaan akrab peneliti senior ini.

Anggota tim lain pun angkat bicara soal temuan bagian anggota tubuh manusia penutur Austronesia di Leang Tete Hatue.

“Ada tiga kelompok usia di sana. Usia di bawah 6 tahun, usia antara 16-20 tahun, dan usia berkisar antara 20-24 tahun. Analisis ini berdasarkan tingkat penggunaan gigi dan pertumbuhan gigi," pungkas Andi Muh. Saiful, staf Peneliti Balai Arkeologi Sulawesi Selatan yang berfokus meneliti bidang Zooarkeologi.

Halaman
123
Penulis: CitizenReporter
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved