Bappeda Kota Makassar Gelar Sosialisasi Updating Indikator Ekonomi Makro

"Inilah yang menjadi prioritas utama dalam pelaksanaan ekonomi pemerintah suatu daerah," ungkapnya.

Bappeda Kota Makassar Gelar Sosialisasi Updating Indikator Ekonomi Makro
FADLY
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar menggelar Sosialisasi Updating Indikator Ekonomi Makro Kota Makassar, di Hotel Karebosi Condotel Makassar, Jl Jend Muh Yusuf, Makassar, Selasa (30/10/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Fahrizal Syam

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah
(Bappeda) Kota Makassar menggelar Sosialisasi Updating Indikator Ekonomi Makro Kota Makassar, di Hotel Karebosi Condotel Makassar, Jl Jend Muh Yusuf, Makassar, Selasa (30/10/2018).

Dalam sambutannya, Saff Ahli Bidang l Pemkot Makassar, Azis Hasan mengatakan dalam era globalisasi sekarang ini indikator makro ekonomi merupakan publikasi indikator kinerja pemerintah dalam melaksanakan tugas pembangunan, khususnya peningkatan pertumbuhan ekonomi makro.

Tujuan sosialisasi yang digelar adalah untuk membantu para pengambil kebijakan, perencanaan dalam melaksanakan dan mewujudkan pembangunan daerah yang lebih efisien efektif dan berkualitas.

Baca: Catatan Buruk Persib Bandung Kala Berjumpa Bali United, Mario Gomez Tetap Optimis 3 Poin!

Baca: Ustadz Abdul Somad Ungkap Munculnya Bendera Tauhid Usai Insiden Pembakaran, Cek Video Viralnya

Baca: Brondong Nikahi Janda Kaya di Sidrap - Firasat Inade Sebelum Dinikahi Brondong 20 Tahun

"Dengan mengetahui sejauh mana perkembangan sektor-sektor yang mempunyai kontribusi terhadap perkembangan perekonomian di Kota Makassar, tentunya kita bisa mengevaluasi perencanaan ekonomi makro," ucap Azis Hasan.

Menurutnya ada dua fungsi utama indikator makro ekonomi, yaitu menganalisis perkembangan ekonomi saat ini dan memprediksi ekonomi di masa yang akan datang.

"Inilah yang menjadi prioritas utama dalam pelaksanaan ekonomi pemerintah suatu daerah," ungkapnya.

Azis menambahkan, secara konseptual indikator ekonomi merupakan ukuran kuantitatif yang menggambarkan tingakat pencapaian pembangunan di bidang ekonomi, karena sebagian indikator ekonomi makro merupakan turunan dari data Produk Domestik Reginal Bruto (PDRB).

"Indikator ekonomi lainnya adalah tingkat inflasi, tingkat pengangguran terbuka, pengeluaran riil perkapita, penanaman modal ekspor impor, serta berbagai faktor lainnya," terangnya.

Baca: Puluhan Tenant Meriahkan MaRI’s Market ‘Your Shopping Destination’

Baca: 2000-an Agen Abutours, Jamaah dan Mitra Ajukan Verifikasi Tagihan di Pengadilan

Baca: Lokasi Ujian TKD CPNS Pangkep di Gedung RRI Makassar, Ini Jadwalnya

Peserta yang hadir pada sosialisasi yakni semua camat, kasi ekbang, para SKPD terkait di antaranyab Disperindag, DP2, perbankan, serta Lembaga Swadaya Masyarakat.

Selain memberikan pemahaman kepada peserta mengenai indikator ekonomi makro, pihak panitia dan narasumber juga melakukan sesi tanya jawab.

Lebih dekat dengan Tribun Timur, subscribe channel YouTube kami: 

Follow juga akun instagram official kami: 

(*)

Penulis: Fahrizal Syam
Editor: Nurul Adha Islamiah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved