Wisata Pantai Tanjung Aan Lombok NTB

Menemukan Pasir Putih Bulat Seukuran Merica

Perjalanan menggunakan kendaraan darat dari bandara ke Tanjung Aan hanya sekitar 40 menit.

Menemukan Pasir Putih Bulat Seukuran Merica
Wisatawan asing menikmati pemandangan Pantai Tanjung Aan dari atas perbukitan di obyek wisata yang berada di Desa Pengembur, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, NTB, Oktober 2018 

PULAU Lombok memang kaya dengan destinasi wisata pantainya. Bukan hanya dijumpai di sejumlah gili atau pulau-pulau kecilnya yang cantik, namun juga bisa ditemukan di daratan utama pulau yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) ini.

Salah satu destinasi pantai eksotik di Lombok yang tak jauh dari Kota Mataram, NTB, yaitu Pantai Tanjung Aan yang berada di Desa Pengembur, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

pantai tanjung aan lombok-2
pantai tanjung aan lombok-2 ()

Lokasinya bahkan tak jauh dari Bandara Internasional Lombok (BIL) karena masih berada di wilayah Lombok Tengah. Perjalanan menggunakan kendaraan darat dari bandara ke Tanjung Aan hanya sekitar 40 menit.

Sementara jika dari Kota Mataram, jaraknya sekitar 75 kilometer dengan waktu tempuh berkendara sekitar satu jam.

Tanjung Aaan adalah salah satu obyek wisata pantai yang masuk dalam kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika. Destinasi ini dikenal dengan keindahan pasir putih dan perbukitannya.

gazebo pantai tanjung aan
gazebo pantai tanjung aan ()

Selain itu, pantai ini memiliki keunikan pasir pantainya yang tak ditemukan di destinasi pantai lainnya di Lombok.

Kekhasan pasir pantai Tanjung Aan yaitu memiliki butir pasir putih yang bulat seukuran merica.

Pengunjung dibolehkan mengambil pasir tersebut asal tidak dalam jumlah banyak. Biasanya untuk dipakai untuk tanaman hias di pot kecil atau disimpan dalam asbak rokok.

pasir putih tanjung aan
pasir putih tanjung aan ()

Pengunjung juga bisa memuaskan mata melihat keindahan alam sekitar dari atas perbukitan atau menunggu sunset sambil bersantai di atas perbukitan.

Aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini seperti berenang, berselancar, berenang, snorkeling, atau bersantai sambil swafoto dengan latar belakang panorama pantai yang menakjubkan.

Untuk swafoto, wisatawan atau pengunjung juga bisa menggunakan jasa warga setempat melalui bocah-bocah yang menawarkan jasa swafoto khas seperti model panorama yang unik atau dalam bentuk video.

foto panorama di tanjung aan lombok
foto panorama di tanjung aan lombok (ist)

Tak ada tarif khusus yang diminta bocah-bocah tersebut. Pengunjung disilakan memberi secara sukarela karena mereka pun tak mematok tarif atau memaksa untuk menggunakan jasa mereka.

Aksesori dan Kuliner
Saat berkunjung di Pantai Tanjung Aan, bocah-bocah dan ibu-ibu warga setempat biasanya akan mendatangi wisatawan yang datang dengan menawarkan aneka aksesori kerajinan tangan warga setempat seperti kalung, gelang, tas kecil, maupun kain songket.

gazebo pantai tanjung aan
bukit pantai tanjung aan lombok tengah ()

Umumnya harga aksesori atau produk kerajinan tangan yang ditawarkan tersebut lebih murah dibanding aksesori yang sama dijual di etalases atau toko oleh-oleh di Lombok.

Jika ingin membeli aksesori atau oleh-oleh di Pantai Tanjung Aaan disarankan saat ingin meninggalkan lokasi tersebut. Karena biasanya, penjaja aksesori tersebut akan menurunkan harga saat wisatawan tersebut akan meninggalkan Pantai Tanjung Aan.

Wisatawan asing menikmati pemandangan Pantai Tanjung Aan dari atas perbukitan di obyek wisata yang berada di Desa Pengembur, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, NTB, Oktober 2018
Wisatawan asing menikmati pemandangan Pantai Tanjung Aan dari atas perbukitan di obyek wisata yang berada di Desa Pengembur, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, NTB, Oktober 2018 ()

Selain itu, wisatawan bisa menikimati sajian kuliner yang tersedia di Pantai Tanjung Aan. Kuliner tersebut bisa dinikmati di restoran atau jejeran tenda warung makan di sepanjang pantai.(*)

Penulis: Ridwan Putra
Editor: Ridwan Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved