Pameran PRB 2018 di Medan, Aksi Solidaritas untuk NTB dan Sulteng

Kegiatan dikemas dalam bentuk pameran Peringatan Bulan PRB di Lapangan Astaka

Pameran PRB 2018 di Medan, Aksi Solidaritas untuk NTB dan Sulteng
handover
Kasubag Program Evaluasi dan Data BPBD Kota Makassar

Nurhaeni

Kasubag Program Evaluasi dan Data BPBD Kota Makassar

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Badan Nasional Penangulangan Bencana (BNPB) menggelar sosialisasi pengurangan risiko bencana kepada masyarakat.

Kegiatan dikemas dalam bentuk pameran Peringatan Bulan PRB di Lapangan Astaka, Kompleks Gedung Dispora Medan, Sumatera Utara, Minggu-Rabu (21-24/10/2018).

Menurut Kasubag Program Evaluasi dan Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar Nurhaeni, pameran PRB tahun ini mengangkat tema Sustainable Resilience For Sustainable Development, “Aksi Solidaritas untuk NTB dan Sulteng melalui Kemitraan Pemerintah, Masyarakat, dan Lembaga Usaha.”

“Ini menggambarkan bahwa BNPB tidak sendiri akan tetapi bergandengan dengan banyak pihak baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, PMI, NGO dan lembaga usaha dalam membentuk masyarakat tangguh khususnya dalam menghadapi bencana,” katanya.

Pameran PRB 2018 diikuti 81 peserta dengan total 105 booth yang terdiri dari Kementrian dan Dinas, PMI, LSM, BPBD provinsi/kabupaten/kota, dunia usaha, kelompok terdampak bencana, dunia pendidikan dan Polri.

“Panitia juga memamerkan beberapa display tenda posko, rumah sakit lapangan dan peralatan kebencanaan,” kata Nurhaeni saat menghadiri pameran PRB 2018.

Beberapa booth pameran juga diisi oleh petani kopi yang merupakan masyarakat  terdampak bencana erupsi gunung Sinabung.

Selain itu, kelompok binaan dari kegiatan pendampingan ekonomi di Siosar dan Lombok juga turut dalam pameran tersebut.

Pameran PRB ini diharapkan masyarakat dan khususnya BPBD mendapatkan informasi terkait teknologi dan praktek praktis untuk mengetahui risiko bencana di wilayahnya.

“Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan di pameran ini, bisa bertukar pengalaman dalam penanggulangan bencana dari BPBD seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Selain pameran kebencanaan, turut pula dipamerkan beberapa alat peralatan dan logistik yang digunakan pada saat bencana.

Di antaranya, mobil dapur umum, perahu karet, alat komunikasi, tenda pengungsi dan lainnya.(*)

Penulis: CitizenReporter
Editor: Mahyuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved