CITIZEN REPORTER

Klenteng Kwan Kong Makassar Gelar Dhamma Holiday

“Dhamma Holiday” merupakan program edukasi nilai-nilai Dhamma ajaran Buddha Gotama kepada murid-murid SMB Vihara Satya Dharma

Klenteng Kwan Kong Makassar Gelar Dhamma Holiday
CITIZEN REPORTER
Sekolah Minggu Buddha (SMB) Vihara Satya Dharma Klenteng Kwan Kong Makassar mengadakan kegiatan bertajuk “Dhamma Holiday” di Balla Samadhi Ratana Joti, Mawang, Kab. Gowa pada Minggu (21/10/18) pagi. 

Citizen Reporter, Miguel Dharmadjie, S.T., CPS® Pembina SMB Vihara Satya Dharma

Sekolah Minggu Buddha (SMB) Vihara Satya Dharma Klenteng Kwan Kong Makassar  mengadakan kegiatan bertajuk “Dhamma Holiday” di Balla Samadhi Ratana Joti, Mawang, Kab. Gowa pada Minggu (21/10/18) pagi.

 “Dhamma Holiday” merupakan program edukasi nilai-nilai Dhamma ajaran Buddha Gotama kepada murid-murid SMB Vihara Satya Dharma sejak usia dini dalam bentuk praktik langsung yang dilakukan di alam terbuka diikuti 12 orang siswa/i SMB Vihara Satya Dharma dari jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga kelas 1 Sekolah Menengah Atas (SMB).

Bertindak sebagai koordinator Ketua SMB Vihara Satya Dharma Irwan Santosong, SE. yang dibantu instruktur tamu Fanny, SE., guru SMB Julianti Pangandaheng, SE. serta pengurus SMB Vihara Satya Dharma dan pengurus Keluarga Buddhis Brahmavihara (KBBV) Makassar. 

Kegiatan “Dhamma Holiday” diawali dengan puja bakti bersama berupa penguncaran paritta dan latihan meditasi dengan anak-anak asuhan Balla Samadhi Ratana Joti yang berasal dari Yamatitam (pulau Seram), Lombok dan Malang.

Pesan Dhamma dibawakan oleh YM. Bhikkhu Silayatano yang menguraikan tentang kedermawanan; dimana setiap umat Buddha berkewajiban memiliki kedermawanan, karena di saat berderma (berdana) disaat itu pula seseorang melatih dirinya agar menjadi tidak kikir.

Lebih lanjut bhikkhu yang bervassa di Balla Samadhi Ratana Joti ini menguraikan tiga macam dana, yaitu : pemberian dalam bentuk materi (Amisa dana), memberikan nasehat kepada yang membutuhkan (Dhamma dana) dan melepaskan rasa takut makhluk lain serta mudah memberi maaf kepada orang yang melakukan kesalahan (Abhaya dana). Dalam berdana lakukanlah dengan bijaksana yaitu sesuai dengan yang dibutuhkan.

“Agar dapat hidup bahagia di kehidupan ini maupun kehidupan selanjutnya maka seseorang harus banyak melakukan kebajikan. Mulailah sejak masih anak-anak untuk melatih meditasi sebelum tidur dan setelah bangun tidur sambil memancarkan pikiran cinta kasih, melatih moralitas serta seringlah berdana. Karena mereka yang mempraktikkan Dhamma manfaatnya akan kembali ke diri sendiri dan keluarganya, “ pesan bhante Silayatano.

Usai mendengarkan ceramah, peserta “Dhamma Holiday” berkesempatan berdana makan siang kepada YM. Bhikkhu Silayatano dan Samanera Lam Kie On. Peserta “Dhamma Holiday” yang turut didampingi para orang tua berdana makan siang dengan penuh rasa bakti.

Guna menambah keakraban peserta “Dhamma Holiday” dengan anak-anak asuhan Balla Samadhi Ratana Joti didahului makan siang bersama dan dilanjutkan dengan aneka permainan; meniup bola pingpong, berlatih meditasi, memindahkan air, menyambung kalimat dan menyusun kaleng; yang bertujuan melatih dan meningkatkan kreatifitas, kejujuran, kesabaran, kerja sama, semangat pantang menyerah serta memiliki budi pekerti dan moralitas dalam kehidupan.

Siswa/i SMB Vihara Satya Dharma dan anak-anak asuhan Balla Samadhi Ratana Joti sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian acara yang berakhir menjelang sore hari ini. Kegembiraan nampak di raut wajah mereka, tak sedikit pun nampak rasa lelah. Sebagai bentuk kebahagiaan rombongan “Dhamma Holiday” berdana tiga zak beras untuk anak-anak asuhan Balla Samadhi Ratana Joti. Foto bersama mengakhiri seluruh rangkaian kegiatan “Dhamma Holiday”. (*)

Penulis: CitizenReporter
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved