CITIZEN REPORTER

Dosen Teknik Unhas Kenalkan Teknologi VR Jadi Media Pembelajaran di Takalar

Bertempat di SMP Negeri 1 Takalar, kegiatan ini diikuti oleh sejumlah guru beserta seluruh siswa yang ada di sana.

Dosen Teknik Unhas Kenalkan Teknologi VR Jadi Media Pembelajaran di Takalar
HANDOVER
Tim dosen Universitas Hasanuddin dari Teknik Elektro dan Teknik Informatika menjalakan program kegiatan pengabdian kepada masyarakat di daerah Takalar, Senin (15/10/2018).

Baizaul Zaman

Alumni Pascasarjana Teknik Elektro Unhas

Melaporkan dari Takalar

TRIBUN-TIMUR.COM-Tim dosen Universitas Hasanuddin dari Teknik Elektro dan Teknik Informatika menjalakan program kegiatan pengabdian kepada masyarakat di daerah Takalar, Senin (15/10/2018).

Bertempat di SMP Negeri 1 Takalar, kegiatan ini diikuti oleh sejumlah guru beserta seluruh siswa yang ada di sana.

Dalam kegiatan pengabdian ini, tim dosen Unhas memperkenalkan pemanfaatan teknologi Virtual Reality (VR) untuk pembelajaran Biologi.

Ketua tim pengabdian, Dr Intan Areni menjelaskan, dengan memanfaatkan teknologi VR dalam pembelajaran, maka hal tesebut bisa memotivasi siswa dalam belajar dan tentunya bisa lebih memudahkan mereka untuk memahami mata pelajaran yang diajarkan.

Teknologi VR sendiri merupakan sebuah teknologi yang menghadirkan suatu integrasi informasi digital ke dalam lingkungan pengguna secara real time.

Dengan teknologi VR ini maka dapat  membuat pengguna berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer, baik itu lingkungan nyata ataupun hanya imajinasi belaka.

Dengan menggunakan 3D teknologi, maka si pemakai seolah-olah berada di lingkungan virtual tersebut.

Dr. Intan Areni juga menambahkan bahwa dengan pemanfaatan teknologi VR ini di dalam dunia pendidikan, maka tentu akan bisa meningkatkan standar pendidikan dan dan hasil belajar siswa nantinya.

Dalam pelaksanaan kegiatan praktikum, siswa tidak perlu lagi takut untuk berinteraksi dengan objek penelitian.

Pasalnya, dengan teknologi VR ini maka objek tersebut bisa dibuat berulang-ulang dan bisa digunakan tanpa perlu takut objek di dalam VR tersebut menjadi rusak.

Kegiatan pengenalan teknologi VR ini berlangsung selama satu hari ini, mulai dari pukul 08.00 sampai pukul 16.00.

Dalam kegiatan tersebut, tampak guru dan siswa begitu antusias mengikutinya, meskipun hal seperti ini masih merupakan seusuatu yang baru bagi mereka.(*)

Penulis: CitizenReporter
Editor: Mahyuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved