Tribun Wiki

TRIBUN WIKI: Daftar 16 Parpol Peserta Pemilu 2019, Klik Namanya untuk Tahu Lebih Jauh

Sebanyak 16 partai lolos menjadi peseta Pemilu 2019, Berikut daftar partai yang lulus, serta sekilas sejarahnya.

TRIBUN-TIMUR.COM - Sebanyak 16 partai lolos menjadi peseta Pemilu 2019, Berikut daftar partai yang lulus, serta sekilas sejarahnya.

Untuk tahu lebih jauh masing-masing partai, klik di namanya, untuk menuju ke website resmi partai.

PARTAI POLITIK PESERTA PEMILU 2019

1. PARTAI KEBANGKITAN BANGSA (PKB)

PKB
PKB (int)

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), adalah sebuah partai politik berideologi Konservatisme di Indonesia. Partai ini didirikan di Jakarta pada tanggal 23 Juli 1998 (29 Rabi'ul Awal 1419 Hijriyah) yang dideklarasikan oleh para kiai-kiai Nahdlatul Ulama, seperti Munasir Ali, Ilyas Ruchiyat, Abdurrahman Wahid, A. Mustofa Bisri, dan A. Muhith Muzadi)

2. PARTAI GERAKAN INDONESIA RAYA (GERINDRA)

gerindra
gerindra (int)

Partai Gerakan Indonesia Raya atau Partai Gerindra, adalah sebuah partai politik di Indonesia yang didirikan dan diketuai oleh Letnan Jenderal TNI (Purn) H. Prabowo Subianto. Partai Gerindra berdiri pada tanggal 6 Februari 2008. Pengurus dan aktivis partai ini dicirikan dengan pakaian safari lengan pendek dan panjang, serta kopiah hitam. Inspirasi nama Gerindra berasal dari nama partai lama, Perindra, yang merupakan pemberian langsung dari Presiden Soekarno.[butuh rujukan]

Pada periode 2009-2014, Partai Gerindra berada di luar kabinet pemerintahan pusat bersama Partai Demokrasi Indonesia-Perjuangan dan Partai Hanura.

Pada Pemilu 2014, partai Gerindra mendapatkan 73 kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia. Partai Gerindra mengusung Prabowo Subianto selaku Ketua Dewan Pembina sebagai calon presiden. Pada periode 2014-2019, Partai Gerindra kembali berada di luar kabinet pemerintahan pusat bersama .

3. PARTAI DEMOKRASI INDONESIA PERJUANGAN (PDI PERJUANGAN)

PDI P
PDI P (int)
Halaman
1234
Penulis: Ina Maharani
Editor: Ina Maharani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved