Wujudkan Kerukunan Beragama, Kemenag Sulsel Libatkan TNI-Polri

Kementerian Agama Wilayah Sulawesi Selatan melibatkan TNI dan Polri dalam mewujudkan kerukunan umat beragama di Sulsel.

Wujudkan Kerukunan Beragama, Kemenag Sulsel Libatkan TNI-Polri
Kemenag Sulsel 

Laporan wartawan Tribun-Timur, Saldy

TRIBUN-TIMUR.COM,MAKASSAR - Kementerian Agama Wilayah Sulawesi Selatan melibatkan TNI dan Polri dalam mewujudkan kerukunan umat beragama di Sulsel.

Seperti yang berlangsung dalam dialog lintas agama yang diselenggarakan Subag Hukum dan KUB Kemenag Sulsel di Kantor Agama Bulukumba. Selain tokoh dari lintas Agama, Kemenag juga melibatkan TNI dan Polri, sebagai pembicara.

Kanwil Kemenag Sulsel Anwar Abu Bakar mengatakan kerukunan umat beragama di Sulsel tidak dia ragukan lagi, pasalnya masyarakat di Sulsel masih menjunjung tinggi nilai-nilai kearifan lokal Sulsel yang mengedepankan filosofi 'sipakatau dan sipakalebbi' atau diartikan saling mengingatkan dan menghargai.

"Ketika mengaku orang sulsel tentu selalu menjunjung nilai-nilai agama, orang Sulsel mempunyai filosofi hidup yang sangat agamis, sehingga selama ini tercipta kerukunan antar, intern umat beragama, dan antar pemerintah di sulawesi selatan," katanya, Minggu (14/10/2018).

Selain agamis, orang Sulsel juga diilhami nilai-nilai kenegarawanan dan keagamaan dari para tokoh-tokoh seperti Syekh Yusuf dan Sultan Hasanuddin.

Anwar Abubakar berharap kepada tokoh masyarakat dan tokoh agama, agar Sulsel khususnya kabupaten Bulukumba dijaga dari pengaruh-pengaruh negatif.

"Maraknya paham radikal, yang kadang muncul ditengah masyarakat ini disebabkan karena masih ada masyarakat kita yang gampang terpengaruh. Peran para penyuluh dan tokoh agama sangat diperlukan dalam memberikan pencerahan dan informasi yang baik kepada masyarakat"

Pada acara tersebut, kakanwil juga menyerahkan plakat Harmony Award kepada Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), TNI, Polri, dan Tokoh Masyarakat.(*)

Penulis: Saldy
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved