Sebelum Diusul ke Presiden, Pemprov Sulsel Kaji KH Ambo Dalle Jadi Tokoh Nasional

Gubernur Sulsel Prof HM Nurdin Abdullah mengatakan bakal mengkaji sebelum mengusulkan ke Presiden RI melalui pemerintah pusat.

Sebelum Diusul ke Presiden, Pemprov Sulsel Kaji KH Ambo Dalle Jadi Tokoh Nasional
samba/tribunsinjai.com
Nurdin Abdullah 

Laporan wartawan Tribun Timur, Saldy

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR -Pendiri Darud Dakwah Wal Irsyad (DDI) KH Abdurahman Ambo Dalle akan diiusukanl sebagai tokoh nasional.

Gubernur Sulsel Prof HM Nurdin Abdullah mengatakan bakal mengkaji sebelum mengusulkan hal tersebut ke presiden RI melalui pemerintah pusat.

Dicetuskan nama KH Abdurahman Ambo Dalle sebagai tokoh nasional atas inisiasi Penasehat Majelis Ulama Indonesia (MUI) Hamka Haq.

"Nanti itu diseminarkan dulu, para tokoh ikut berbicara, kita dengarkan dulu para tokoh pelaku sejarah, nanti hasil kesimpulannya, rekomendasinya seperti apa, bagi saya pada prinsipnya KH Ambo Dalle itu adalah tokoh sentral dan beliau punya jasa dalam perjuangan kemerdekaan," kata Nurdin, Minggu (14/10/2018).

Terpisah, Hamka Haq mengatakan alasannya mengusulkan Ambo Dalle karena melalui DDI (Mangkoso), Ambo Dalle ikut mencerdaskan bangsa sebelum Indonesia merdeka.

"Beliau pendiri lembaga pendidikan Islam tertua dan terbesar di Sulsel. tetapi beliau juga turut memberikan andil secara tidak langsung bagi terbentuknya kelaskaran Sulsel," sebutnya.

Ia menambahkan Mayjen (Purn) Andi Mattalata pun, yang seorang tokoh pejuang kemerdekaan, bahkan mengakui sosok dan ketokohan Ambo Dalle.

"Jadi sebelum berangkat ke Jakarta bergabung dengan defisi-defisi laskar di jawa, Andi Mattalatta meminta restu ke Ambo Dalle, setelah kembali ke sana, Andi Mattalata membentuk cabang TRI (Tentara Republik Indonesia) di Sulsel," ungkap Hamka

Penulis: Saldy
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved