VIDEO: 5 BUMDes Dapat Bantuan Modal, Ini Kata Kabid Pemberdayaan Desa Selayar

Modal yang diberikan oleh pemerintah pusat Rp 50 juta nantinya sebagai rangsangan bagi badan usaha.

Laporan Wartawan TribunSelayar.com, Nurwahidah

TRIBUNSELAYAR.COM, BENTENG - Sedikitnya lima badan usaha milik Desa (BUMDes) Selayar mendapatkan bantuan permodalan Rp 50 juta. Bantuan diserahkan di Ruang Pola Kantor Bupati, Kecamatan Benteng, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Kamis (11/10/2018).

Kegiatan tersebut digelar oleh Dinas PMD Kepulauan Selayar. Hadir Kepala Bidang Pemberdayaan Desa Dinas PMD Selayar Irwan Baso, Seksi Publikasi dan Dokumentasi Ahmad Riyadi, Wakapolres Kompol Samsuddin P, Asisten I Setda Selayar Dahlul Malik, Tenaga Ahli P3MD Bakri, Dandim 1415 Selayar diwakili Danramil 1415 Selayar.

Irwan Baso mengatakan ada 25 BUMDes yang diusulkan tapi setelah melalui proses verifikasi di Kementerian Desa PDT dan Kementerian Transmigrasi RI yang lolos ada lima, di antaranya Desa Mare-mare, Desa Patilereng, dan Desa Bontosunggu.

Menurutnya modal yang diberikan oleh pemerintah pusat Rp 50 juta nantinya sebagai rangsangan bagi badan usaha untuk melakukan kegiatan yang bisa dimodali baik bergerak dibidang parawisata, dan usaha lainnya.

Sehingga ke depan diharapkan bantuan ini bisa berkembang dan meningkatkan pendapatan desa tersebut. Pemerintah Kabupaten Selayar berharap dari kegiatan pelaksanaan desa ini tentunya dapat diverifikasi oleh seluruh desa.

"Adapun syarat mendapatkan BUMDes di antaranya adanya BUMDes yang telah dibentuk pemerintah desa, jenis usaha yang jelas tentu yang akan dikelola BUMDes, serta admintrasi yang lain," tuturnya.

Simak video penjelasannya:(*)

Penulis: Nurwahidah
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved