Desain APK Pemilu 2019 Belum Dikeluarkan KPU, Beberapa Baliho Caleg Mulai Terpasang

Namun, beberapa APK dari calon legislator (Caleg) sudah mulai menghiasi kota berjuluk Butta Panrita Lopi itu.

Desain APK Pemilu 2019 Belum Dikeluarkan KPU, Beberapa Baliho Caleg Mulai Terpasang
firki/tribunbulukumba.com
Salahsatu baliho caleg di Jl Sulthan Dg Radja Bulukumba. 

Laporan Wartawan TribunBulukumba.com, Firki Arisandi

TRIBUNBULUKUMBA.COM, UJUNG BULU - Rapat koordinasi pencermatan desain alat peraga kampanye (APK) Pemilu 2019, oleh KPU Bulukumba, baru berlangsung Senin (8/10/2018) kemarin.

Namun, beberapa APK dari calon legislator (Caleg) sudah mulai menghiasi kota berjuluk Butta Panrita Lopi itu.

Padahal seharusnya belum ada APK yang terpasang, karena KPU belum mengeluarkan APK yang desainnya telah melewati proses verifikasi.

Hal itu disampaikan Komisioner KPU Bulukumba, Syamsul. Menurutnya, untuk desain APK yang dicetak KPU maupun mandiri sebelumnya harus diserahkan ke KPU.

Pasalnya, harus dilakukan pengecekan konten desain, jangan sampai tidak sesuai dengan yang dipasang di lapangan.

"Intinya, kami tidak pernah mencermati penuh APK yang terpasang diluar sana. Karena kami belum mengeluarkan APK," jelas Syamsul.

Menanggapi hal itu, Anggota Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Saiful Jihad, yang ditemui TribunBulukumba.com, saat berkunjung ke Kantor Lakpesdam Bulukumba, Selasa (9/10/2018), justru menyalahkan KPU.

Menurutnya, KPU lamban dalam mengurusi masalah APK. Seharusnya telah rampung sebelum masa kampanye tiba, yakni 23 September 2018 lalu.

Dosen Universitas Hasanuddin (Unhas) ini menilai, KPU tidak mengindahkan peraturan administrasi yang dijelaskan PKPU, yang salahsatunya menjelaskan tentang desain APK ini.

"Mereka lamban. Seharusnya pengecekan APK, termasuk zonasi pemasangan baliho telah rampung sebelum memasuki masa kampanye. Karena partai kan harus berkampanye," tutur pria kelahiran Pinrang itu.

Penulis: Firki Arisandi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help