Gempa Palu Donggala

BNPB Kesulitan Evakuasi Korban Gempa di Perumnas Balaroa Palu

Sutopo menyebut proses evakuasi pencarian dan penyelamatan korban sempat mengalami kendala terutama di daerah Petobo dan Perumnas Balaroa

BNPB Kesulitan Evakuasi Korban Gempa di Perumnas Balaroa Palu
DOK FTI UMI
Kondisi jalan raya, Jalan Sungai Manonda, Kelurahan Balaroa, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu, Sulawesi Tengah, saat diabadikan. 

Laporan wartawan Tribun Timur Hasan Basri

TRIBUN - TIMUR.COM, MAKASSAR - Evakuasi pencarian dan penyelamatan korban gempa bumi dan tsunami Kota Palu, Kabupaten Donggala, Sigi dan Parigi Sulawesi Tengah, masih terus berlanjut, Selasa (09/10/2018).

Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, korban meninggal yang ditemukan sudah mencapai 2.010 orang dan 2.549 korban luka.

Sutopo menyebut proses evakuasi pencarian dan penyelamatan korban sempat mengalami kendala terutama di daerah Petobo dan Perumnas Balaroa yang tanahnya amblas

"Kondisi Perumnas Balaroa yang sangat sulit dilakukan evakuasi dikarenakan tanah yang naik dan turun menghancurkan rumah dan jalan yang ada," sebutnya.

Baca: Polda Jatim Kirim 18 Kontainer Bantuan Korban Gempa dan Tsunami Sulteng

Adapun area terdampak akibat amblesnya tanah di Perumnas Balaroa sekitar 47,8 Ha dengan jumlah perkiraan bangunan rusak sebanyak 1.471 unit.

Sedangkan kondisi di Desa Petobo tanah masih belum stabil kondisinya sudah mulai ada tanah yang mengering, namun banyak bagian juga tanah yang masih sangat basah.

Menurut laporan kepala desa Balaroa dan Petobo yan ada sekitar 5.000 orang yang belum ditemukan.

Namun masih perlu dikonfirmasi kebenarnya.

Sementara untuk wilayah Sigi terdampak parah ada 2 Desa bergeser yaitu, Desa Jono Oge dan Mappanau.

Jumlah perkiraan bangunan rusak 366 unit.

Kondisi daerah Sigi saat ini belum stabil, banyak bagian tanah yang masih sangat basah.(san)

Penulis: Hasan Basri
Editor: Mahyuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved