Dinas PMDL Toraja Utara Gelar Program Bursa Inovasi Desa

Menanggapi itu, Bupati Kalatiku Paembonan mengatakan, sejak awal dirinya menginstruksikan agar setiap kepala lembang memiliki

Dinas PMDL Toraja Utara Gelar Program Bursa Inovasi Desa
risnawati/tribuntoraja.com
Bupati Kalatiku Paembonan membuka program bursa inovasi desa di Aula SMK Kristen Tagari, Kecamatan Tallunglipu, Senin (8/10/2018). 

Laporan Wartawan TribunToraja.com, Risnawati

TRIBUNTORAJA.COM, RANTEPAO - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Lembang (PMDL) Toraja Utara menggelar program bursa inovasi desa di Aula SMK Kristen Tagari, Kecamatan Tallunglipu, Senin (8/10/2018).

Dibuka langsung oleh Bupati Kalatiku Paembonan bertema 'Datang, Komit, Tiru, Maju' dihadiri Kadis PMDL Rita Rasinan, para Kepala Lembang (Desa), pendamping desa, para Lurah dan Camat, serta tim inovasi desa se Toraja Utara.

Mewakili Kepala Dinas Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Provinsi Sulsel, Adi Supriadi sebagi Koordinator Tenaga Ahli Wilayah 5 menjelaskan bahwa, kegiatan bertujuan memberikan pengetahuan terkait inovasi yang nantinya akan dikembangkan tingkat lanjut di desa.

"Inovasi dapat dikatakan sukses apabila bisa menghasilkan transaksi bursa inovasi lembang di tiap instansi," jelas Adi.

Menanggapi itu, Bupati Kalatiku Paembonan mengatakan, sejak awal dirinya menginstruksikan agar setiap kepala lembang memiliki kreativitas yakni melalui inovasi sehingga bisa merubah dan membawa lembang maju.

"Dimohon agar setiap lembang melaporkan jumlah penduduk ekonomi lemah (miskin) agar bantuan disalurkan bisa tepat sasaran," ucap Kalatiku.

Selain itu agar dapat memanfaatkan sebaik mungkin, makananpun bisa di inovasi dan bukan hanya itu tapi banyak hal yang dapat dijadikan inovasi.

Sementara itu, bidang tenaga ahli Pelayanan Sosial Dasar (PSD) Semuel Rianto Tappi mengatakan, rangkaian yang penting dalam inovasi desa adalah bursa inovasi desa karena meliputi pameran dan gagasan yang telah dilakukan di seluruh penjuru Indonesia.

"Anggarannya bersumber dari dana desa, bursa inovasi desa meliputi infrastruktur, SDM seperti posyandu, kesehatan, kegiatan sosial lainnya dan bursa inovasi desa merupakan forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa lingkup Kabupaten," tambah Semuel.

Lanjutnya, bursa inovasi juga merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari model pengelolaan inovasi di tingkat Kabupaten.

Penulis: Risnawati M
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help