9 Kecamatan di Makassar Krisis Air

Debit air baku tidak maksimal sehingga supply ke pelanggan di sembilan kecamatan pun mengalami gangguan.

9 Kecamatan di Makassar Krisis Air
dok tribuntimur.com
Ilustrasi 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Manajemen Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) menginformasikan kondisi mengenai supply dan tekanan air yang sangat menurun di sembilan dari 15 kecamatan di Kota Makassar.

Sembilan kecamatan itu yakni Kecamatan Tallo, Wajo, Ujung Tanah, Bontoala, Panakkukang, Manggala, Makassar, Tamalanrea dan Biringkanaya.

Kabag Humas PDAM Kota Makassar, Muh Idris Tahir via pesan WhatsApp Makassar (7/10/2018) menuturkan, hal tersebut dikarenakan debit air di Bendungan Lekopancing menyusut sekitar 3 meter.

"Ini ditambah lagi dengan Sungai Moncongloe terpengaruh intrusi air laut akibat air laut pasang," katanya.

Baca: Jembatan di Kalampeto Makassar Rubuh, Armada Truk PDAM Terjebak

Ini mengakibatkan produksi air menurun. Sehingga debit air baku tidak maksimal sehingga supply ke pelanggan di sembilan kecamatan pun mengalami gangguan.

"Sampai kapan ini terjadi? Selama musim kemarau masih berlangsung. Apabila debit chlorida di sungai moncongloe sudah normal maka produksi dapat dimaksimalkan," katanya.

Manajemen PDAM pun tidak tinggal diam, untuk menutupi kebutuhan warga, mereka menyiapkan armada pengantaran truk tangki air gratis.

"Ada 11 armada disiapkan," kata Idris sapaannya.

Bagi masyarakat yang mengalami kesusahan air, PDAM mengimbau untuk mendaftarkan diri di kantor wilayah terdekat dengan membawa rekening air sebagai bukti pelanggan.

"Kami mendata dan segera mengirimkan bantuan," katanya. (aly)

Penulis: Muhammad Fadhly Ali
Editor: Mahyuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved